Amerika Izinkan Pesawat F16 Diperbantukan ke Ukraina, Rusia Ketakutan

Amerika Serikat (AS) mengatakan akan mengizinkan sekutu Baratnya untuk memasok Ukraina dengan jet tempur canggih, termasuk F-16 buatan Amerika, sebagai bantuan besar bagi Kyiv.

Penasihat keamanan nasional Jake Sullivan mengatakan Presiden Joe Biden “memberi tahu rekan-rekan G7-nya” tentang keputusan tersebut pada pertemuan puncak blok tersebut di Jepang pada hari Jumat 19/05/2023.

Pasukan AS juga akan melatih pilot Kyiv untuk menggunakan jet tersebut, kata Sullivan.

Rusia mengatakan negara-negara sekutu AS akan menghadapi “risiko besar” jika mereka memasok F-16 ke Ukraina, lapor media pemerintah. Wakil menteri luar negeri Alexander Grushko mengatakan kepada kantor berita milik negara Tass bahwa negara-negara Barat “akan menanggung skenario eskalasi”.

“Ini akan diperhitungkan dalam semua rencana kami, dan kami memiliki semua sarana yang diperlukan untuk mencapai tujuan kami,” katanya.

Ukraina telah lama mencari jet canggih dan Presiden Volodymyr Zelensky memuji langkah itu sebagai “keputusan bersejarah”.

Seperti diketahui, negara pembeli senjata buatan AS hanya dapat menjual kembali atau mengekspor kembali perangkat keras militer Amerika jika AS menyetujuinya, jadi keputusan ini membuka jalan bagi negara lain untuk mengirim stok F-16 mereka yang ada ke Ukraina.

Posting Komentar untuk "Amerika Izinkan Pesawat F16 Diperbantukan ke Ukraina, Rusia Ketakutan"