Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Drone Buatan Cina yang Diekspor, Bisa Lumpuh Saat Melawan China Sendiri

China adalah salah satu penjual drone terbesar di dunia, salah satu pembelinya adalah TNI. Menurut informasi media Turki, drone buatan China bisa mudah dilumpuhkan oleh China saat mendekati wilayah teritorial China atau saat digunakan untuk melawan China sendiri.

Di setiap drone yg diekspor ada perangkat “Pengawas”nya. Informasi ini diungkapkan oleh South China Morning Post edisi Cina, yang jurnalisnya berbicara dengan sumber yang dekat dengan militer PLA. Menurut sumber tersebut, drone Cina yang berhasil dijual pada negara asing, termasuk drone pengintai, tidak bisa digunakan untuk melawan Cina.

Tahun lalu, CEO Baykar Turki Haluk Bayraktar mengatakan kepada The Eurasian Times dalam sebuah wawancara bahwa drone buatan Cina “Ketika dikerahkan saat mendekati perbatasan RRC, mengalami gangguan”. Haluk Bayraktar mencatat bahwa fitur drone China ini telah menyebabkan beberapa pelanggan memilih drone Turki, termasuk TB2 Bayraktar. Menurut ahli Cina Li Jie, kehadiran perangkat “Pengawas” sebagai bagian menjaga kemanan nasional dari produk yang diekspor.

Semua drone Cina dipandu oleh sistem navigasi BeiDou, yang dikembangkan oleh para insinyur Cina. Beberapa drone bahkan dapat menghancurkan diri sendiri jika teknologi keamanannya diretas atau dilewati.

Posting Komentar untuk "Drone Buatan Cina yang Diekspor, Bisa Lumpuh Saat Melawan China Sendiri"