Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

India Akan Luncurkan Satelit Navigasi Militer Terbaru Ke Luar Angkasa

Organisasi Penelitian Luar Angkasa India (Isro) berencana untuk meluncurkan NVS-01, satelit navigasi di atas Roket Peluncur Geosinkron atau GSLV Mk-II, pada 29 Mei, kata seorang pejabat senior pada hari Sabtu.

Satelit ini akan menggantikan satelit IRNSS-1G yang diluncurkan pada tahun 2016. IRNSS-1G merupakan satelit navigasi terakhir dari tujuh satelit yang merupakan segmen ruang angkasa IRNSS.

“Peluncuran NVS-01 dijadwalkan sekitar 29 Mei. Ini akan menjadi misi penerbangan untuk kendaraan roket peluncuran GSLV, yang akan membawa satelit NavIC generasi berikutnya. Satelit ini akan menggantikan satelit IRNSS-1G yang diluncurkan pada tahun 2016,” kata seorang pejabat senior Isro, meminta anonimitas.

IRNSS-1G adalah satelit navigasi terakhir dari tujuh satelit yang membentuk segmen angkasa IRNSS. Pendahulunya – IRNSS-1A, 1B, 1C, 1D, 1E dan 1F – diluncurkan oleh PSLV-C22, PSLV-C24, PSLV-C26, PSLV-C27, PSLV-C31 dan PSLV-C32 pada Juli 2013, April 2014, Oktober 2014, Maret 2015, Januari 2016 dan Maret 2016.

Untuk memenuhi persyaratan pemosisian, navigasi, dan pengaturan waktu internasional, Isro telah membentuk sistem satelit navigasi regional yang disebut Navigasi dengan Konstelasi India (NavIC). NavIC sebelumnya dikenal sebagai Sistem Satelit Navigasi Regional India (IRNSS).

NavIC dirancang dengan konstelasi tujuh satelit dan jaringan stasiun bumi yang beroperasi nonstop 24jamx7hari . Tiga satelit konstelasi ditempatkan di orbit geostasioner dan empat satelit di orbit geosinkronisasi miring. Jaringan darat terdiri dari pusat kendali, fasilitas pengaturan waktu yang tepat, stasiun pemantauan jarak dan integritas, stasiun jarak dua arah, dll.

NavIC menawarkan dua layanan – layanan posisi standar (SPS) untuk pengguna sipil dan layanan terbatas (RS) untuk penggunaan rahasia strategis militer. Kedua layanan ini tersedia di L5 (1.176,45 MHz) dan S band (2.498,028 MHz). Area cakupan NavIC mencakup India dan wilayah hingga 1.500 km di luar perbatasan India. Sinyal Navic dirancang untuk memberikan akurasi posisi pengguna lebih baik dari 20m dan akurasi waktu lebih baik dari 50ns.

Satelit NVS-01 akan menggantikan satelit IRNSS-1G yang diluncurkan pada tahun 2016 dan memiliki umur misi 12 tahun. Di antara satelit yang masih berfungsi di konstelasi, yang paling awal diluncurkan adalah IRNSS-1B pada tahun 2014 dengan masa misi 10 tahun.

Posting Komentar untuk "India Akan Luncurkan Satelit Navigasi Militer Terbaru Ke Luar Angkasa"