Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Konflik Adu Tembak Iran vs Afghanistan di Perbatasan Memanas

Militan yang berafiliasi dengan pemerintah sementara Taliban Afghanistan dan penjaga perbatasan Iran bertempur di pinggiran beberapa desa di wilayah timur kota Zabol di Provinsi Sistan dan Baluchestan Iran dan baku tembak.

Menurut sumber lokal di daerah perbatasan Zabol, ibu kota Provinsi Sistan dan Baluchestan, beberapa militan Taliban dan sejumlah penjaga perbatasan Iran memulai bentrokan bersenjata di pinggiran desa Makaki, Sasuli dan Haatam, yang terletak di sebelah timur Zabol. kota mulai siang hari ini (27 Mei) dan kedua belah pihak saling tembak.

Akibat bentrokan tersebut, seorang penjaga perbatasan Iran kehilangan nyawanya dan setidaknya dua militan Taliban juga tewas dan beberapa lainnya luka-luka.

Saat ini, konflik berakhir setelah tembakan artileri dan baku tembak, dan pejabat perbatasan di kedua belah pihak sedang menyelidiki perbedaan tersebut, sementara alasan di balik bentrokan tersebut belum ditentukan sejauh ini.

Militan Taliban sebelumnya telah mencegah Iran membangun tembok perbatasan dan tampaknya bentrokan hari ini berakar pada perselisihan itu.

Sumber-sumber lokal di Provinsi Nimruz Afghanistan mengklaim bahwa Iran telah melancarkan serangan artileri ke bandara dan daerah pemukiman di desa-desa utara kota Zaranj di barat daya, tetapi otoritas Iran mengesampingkan tuduhan tersebut dan menekankan bahwa artileri Iran menargetkan posisi pasukan Taliban.

Meskipun banyak laporan dari media yang berafiliasi dengan Taliban tentang serangan rudal Iran di kota Zaranj di pusat provinsi Nimruz serta desa-desa perbatasan Afghanistan, belum ada laporan atau gambar yang dirilis dari dugaan serangan rudal untuk menunjukkan konsekuensi dari serangan tersebut. -Menyebut serangan rudal Iran di daerah tersebut; jadi, kampanye propaganda sama sekali tidak berdasar. Selain itu, berita tentang kemajuan Taliban di wilayah Iran tidak didasarkan pada fakta di lapangan.

Menyusul bentrokan perbatasan hari ini di Zabol timur, Panglima Kepolisian Republik Islam Iran Mayor Jenderal Ahmadreza Radan memerintahkan penjaga perbatasan yang ditempatkan di daerah perbatasan tersebut untuk dengan berani dan tegas mempertahankan perbatasan dan tidak mengizinkan siapa pun untuk masuk. melanggar atau mendekati garis batas. Perintahnya juga menekankan bahwa pasukan perbatasan Republik Islam Iran akan dengan tegas menanggapi setiap pelanggaran atau agresi perbatasan, dan penguasa Afghanistan saat ini harus bertanggung jawab atas kesalahan perhitungan mereka, yang bertentangan dengan prinsip-prinsip internasional.

Juga, setelah serangan hari ini di daerah perbatasan timur Zabol, jembatan Abrisham, satu-satunya penghubung antara kota Zaranj dan Iran, ditutup. Penyeberangan Milak-Zaranj adalah terminal perbatasan tersibuk antara Iran dan Afghanistan dan berdampak tinggi pada volume perdagangan antara Iran dan Afghanistan di selatan negara ini.

Posting Komentar untuk "Konflik Adu Tembak Iran vs Afghanistan di Perbatasan Memanas"