Naval Group Prancis Siap Transfer Teknologi Produksi Kapal Selam Untuk PT PAL Indonesia

Selama dua hari, 10-11 Mei 2023, Naval Group Perusahaan Pertahanan Angkatan Laut Prancis menyelenggarakan Industry Day di Jakarta. Tujuan utamanya adalah untuk mempresentasikan proyek kapal selam Scorpene ke perusahaan pertahanan Indonesia, PT. PAL, agar dapat mengidentifikasi tiap tahap konstruksi Scorpene.

Naval Group memang menjanjikan untuk bisa melokalkan beberapa fase konstruksi dan pemeliharaan si kapal selam nantinya.
Indonesia akan menjadi negara ASEAN pertama yang mampu membangun konstruksi kapal selam sendiri, jika jadi membeli Kapal Selam Scorpene yang ditawarkan oleh produsen Naval Group.

Hal tersebut adalah bagian dari transfer teknologi (ToT) yang bakal diberikan oleh perusahaan asal Prancis itu. VP Sales and Business Development India, Asia, and Pacific, Nicolas de la Villemarqué, mengatakan PT PAL bakal mendapatkan pengalaman.

Sementara itu, Project Manager PT PAL, Satriyo Bintoro, mengungkapkan menjadi negara ASEAN pertama yang membuat konstruksi kapal selam sendiri akan sangat menguntungkan dari segi bisnis, terutama untuk pasar di Asia.

Meskipun, lanjutnya, hal tersebut dilakukan secara bertahap dan membutuhkan waktu lebih dari lima tahun untuk bisa melakukan komersialisasi kapal selam.

Secara kemampuan, keberadaan Scorpene akan meningkatkan daya deteren TNI dibandingkan memperbanyak kapal selam kelas Chang Bogo buatan Korea Selatan.

Posting Komentar untuk "Naval Group Prancis Siap Transfer Teknologi Produksi Kapal Selam Untuk PT PAL Indonesia"