Partai Oposisi Belanda, Minta Negaranya Beli Tank Lagi Untuk Militer

Menurut Peter Valstar, salah satu anggota partai VVD di Belanda, bukan soal kenapa, tapi kapan negara itu akan memperoleh tank lagi. Valstar, juru bicara pertahanan partainya, menyoroti pengalaman di Ukraina dan peningkatan anggaran pertahanan sebagai alasan logis untuk perkembangan ini. Dia membuat pernyataan ini saat wawancara di acara “Selamat Pagi Belanda” di NPO 1.

Mitra koalisi D66 juga tidak menutup kemungkinan untuk membeli tank, Belanda sudah 12 tidak memiliki tank lagi, tank Belanda terakhir dijual pada 2011. Saat ini Kementerian Pertahanan Belanda telah menyewa 18 tank Leopard 2A6 dari Jerman.

Valstar menekankan bahwa perang di Ukraina telah menunjukkan pentingnya tank. Dia menyebutkan bahwa Belanda tidak pasif dalam beberapa tahun terakhir, karena mereka bersama-sama mengoperasikan batalion tank ke-414 dengan Jerman hingga 2017. Keahlian yang diperlukan masih ada di Belanda, yang memungkinkan tank-tank tersebut dengan cepat dipasang kembali jika diperlukan.

Menurut Valstar, Belanda terlalu lunak dalam hal pertahanan, meski ada peningkatan anggaran yang dialokasikan untuk Kementerian Pertahanan. Dia mengakui langkah positif yang diambil dalam dekade terakhir, dengan tambahan dana lima miliar dan anggaran tiga kali lipat di bawah koalisi saat ini.

Valstar berharap masalah tank segera dibahas di Parlemen. Dia mengungkapkan keingintahuannya tentang sikap menteri pertahanan dan garis waktu untuk mengintegrasikan kembali tank ke dalam layanan militer. Berdasarkan pengalaman sebelumnya, Valstar tetap berharap agar tank-tank tersebut dapat segera dimanfaatkan.

Wouter de Winther, seorang komentator politik dari De Telegraaf, percaya bahwa Menteri Pertahanan Kajsa Ollongren dari D66 tidak menolak untuk memiliki tank. Namun, posisi menteri dipengaruhi oleh organisasi pertahanan. Jika organisasi pertahanan sebelumnya menganggap tank tidak diperlukan, kecil kemungkinannya bagi mereka untuk mengubah sikap mereka dalam situasi saat ini.

De Winther menyiratkan bahwa ada kemungkinan kuat bahwa koalisi D66 akan sejalan dengan posisi menteri mereka sendiri, menghasilkan mayoritas parlemen yang mendukung agar militer negeri kincir angin itu dipersenjatai tank lagi.

Posting Komentar untuk "Partai Oposisi Belanda, Minta Negaranya Beli Tank Lagi Untuk Militer"