Pilot TNI AU Uji Terbang Pesawat KF21 Boramae Di Korsel

Prototipe KF-21-005 untuk Indonesia berhasil melakukan uji terbang pada 16 Mei 2023 ini dan pesawat tempur single seat ini terbang selama 45 menit. Sedangkan pilot TNI AU Kolonel Muhammad Sugiyanto sukses melaksanakan penerbangan uji perdana dengan pesawat KF-21-004 twin seat bersama pilot asal Korea Selatan pada hari yang sama.

Kedepannya prototipe KAI KF-21-005 akan diberikan resmi ke Pemerintah Indonesia, bila sudah melunasi seluruh kewajiban biaya dengan program ini. Berdasarkan informasi sebelumnya, pihak Indonesia akan melakukan pembayaran selanjutnya untuk program KF-21 pada akhir Juni 2023 sebagai mitra.

Sebagian memandang rendah spek jet tempur siluman yang bakal dijual dengan harga bandrol di bawah Rp 1 triliun itu. Karena masih masuk kategori jet tempur generasi 4,5. Dan belum punya pengalaman tempur (battle proven).

Dalam blueprint rencana pertahanan Indonesia, KF-21 mendapat beban dari TNI AU, sebagai armada serang garis depan bersanding dengan jet tempur Dassalaut Rafale dan pesawat Mirage 2000 bekas dari Qatar.

Posting Komentar untuk "Pilot TNI AU Uji Terbang Pesawat KF21 Boramae Di Korsel"