Rudal Blue Spear Akan Jadi Senjata Baru Kapal Perang Fregat Singapura

Angkatan Laut Republik Singapura (RSN) akan mengganti rudal permukaan-ke-permukaan (SSM) Harpoon pada fregat kelas Formidable dengan Blue Spear SSM.

Rudal ini adalah hasil kerjasama IAI Israel dan ST Engineering Singapura sejak tahun 2020 dengan patungan 50/50 dalam proyek “Proteus Advanced Systems” untuk mengembangkan, memproduksi, dan memasarkan Rudal Blue Spead yang teknologinya berdasarkan rudal Gabriel V.

Senjata itu akan digabungkan sebagai bagian dari Mid-Life Upgrades (MLU) kelas Formidable, kata Komandan Armada Pertama RSN, Kolonel Ng Kok Yeng Daniel, dalam wawancara luas baru-baru ini dengan Janes untuk membahas program tersebut. Wawancara tersebut diberikan menjelang pameran angkatan laut IMDEX 2023, yang berlangsung di Singapura dari 3 hingga 5 Mei.

Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen pertama kali mengungkapkan pada Maret 2022 bahwa enam armada fregat kelas Formidable RSN, yang ditugaskan antara 2007 dan 2009, akan menjalani program MLU.

“Setelah peningkatan, kemampuan tempur fregat akan meningkat dan [mereka akan] dilengkapi dengan manajemen tempur dan sistem komunikasi yang lebih baik [dan] sistem senjata yang ditingkatkan, bersama dengan peningkatan proses pemeliharaan. Pada dasarnya, menggunakan lebih sedikit untuk mencapai lebih banyak,” kata Ng saat pidato parlemen.

Posting Komentar untuk "Rudal Blue Spear Akan Jadi Senjata Baru Kapal Perang Fregat Singapura"