Rumania Pensiunkan Pesawat Tua MIG-21, Diganti F16 Bekas

Angkatan Udara Rumania (RoAF) telah memensiunkan dari layanan MiG-21 Lancer terakhirnya (kanan untuk Rumania), dengan badan pesawat terakhir secara resmi ditarik pada 15 Mei.

RoAF menandai pensiun pesawat buatan Uni Soviet tersebut dengan upacara di pangkalan udara ke-71 dan ke-86 masing-masing di Campia Turzii dan Borcea, sebelumnya tiga pesawat terakhir dari masing-masing pangkalan diberangkatkan ke Pangkalan Udara ke-95 di Baucau untuk disimpan. Janes World Air Forces (JWAF) mencantumkan RoAF memiliki 17 LanceR C konfigurasi kursi tunggal dan delapan LanceR B konfigurasi dua kursi yang beroperasi sampai saat pensiun.

Program Aerostar dan Elbit Systems LanceR adalah kontrak upgrade terakhir untuk armada MiG-21 Rumania pada 1990-an, total ada 110 pesawat yang diupgrade hingga akhir tahun 2003.

Dengan pensiunya MiG-21 setelah 31 tahun mengabdi, armada tempur RoAF kini tersisa pesawat buatan Lockheed Martin yaitu F-16 Fighting Falcon, 17 pesawat seperti itu telah diterima dari bekas AU Portugal dan 32 lainnya diharapkan adalah bekasnya Norwegia.

Posting Komentar untuk "Rumania Pensiunkan Pesawat Tua MIG-21, Diganti F16 Bekas"