Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sea Tiger, Tank Amfibi Pasukan Marinir Thailand Terbaru Buatan Dalam Negeri

Defence Technology Institute Thailand (DTI) telah mengirimkan sejumlah kendaraan angkut pasukan lapis baja amfibi (AAPC) 8×8 yang dikembangkan di dalam negeri ke Royal Thai Marine Corps (RTMC).

DTI, sebuah badan penelitian dan pengembangan (R&D) di bawah Kementerian Pertahanan Thailand, mengatakan dalam sebuah posting media sosial pada 19 Mei bahwa kendaraan dikirim selama Combined Arms Live Fire Exercise (CALFEX) RTMC Royal Thai Pangkalan Angkatan Laut Thailand (RTN) di Ban Chanthaklem di distrik Khao Kitchakut Chanthaburi. DTI menamai kendaraan amfibi itu ‘Sea Tiger’.

Sea Tiger dikembangkan oleh DTI dan diproduksi oleh perusahaan otomotif Thailand Cho Thavee. Produksi kendaraan dimulai pada tahun 2020 setelah beberapa tahun uji coba RTMC. Kendaraan ini didasarkan pada kendaraan lapis baja 8×8 Black Widow Spider, yang dikembangkan oleh DTI pada awal 2010-an untuk Royal Thai Army (RTA) bekerja sama dengan Singapore Technologies Kinetics (ST Kinetics) dan industri lokal.

Menurut DTI, Sea Tiger – Harimau Laut memiliki panjang 7,3 m, lebar 2,8 m, dan tinggi 2,3 m. Bobot kendaraan adalah 23,2 ton dan ground clearance 632 mm. Kendaraan itu bisa membawa 14 pasukan.

Posting Komentar untuk "Sea Tiger, Tank Amfibi Pasukan Marinir Thailand Terbaru Buatan Dalam Negeri"