Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jika Perancis Menginvasi Niger, Perang Besar 6 Negara Akan Meletus di Afrika

Sejak militer Niger di bawah komando Jenderal Abdourahamane Tchiani mengambil alih kekuasaan pada 26 Juli, telah terjadi peningkatan ketegangan yang eksponensial antara Niger dan mantan penguasa kolonialnya, Perancis. Bahkan paris sekarang telah sampai pada titik yang serius untuk menyerang negara Afrika Barat itu.

Eksploitasi “bekas” koloni Prancis terus berlanjut selama lebih dari setengah abad bahkan setelah mereka diberikan semacam kemerdekaan dan Paris telah menjadi penerima manfaat utama dari hubungan sepihak ini. Dikombinasikan dengan ketidakmampuan Prancis untuk menangani berbagai pemberontakan teroris di wilayah tersebut, pencurian Sumber Daya Alama telah menjadi alasan utama di balik serangkaian pemberontakan rakyat di Sahel.

Paris kini dihadapkan pada dilema strategis. Jika membiarkan Niger melanjutkan jalannya menuju kemerdekaan yang sebenarnya, Prancis tidak akan dapat terus mengeksploitasi sumber daya alam negara tersebut.

Yakni, beberapa bekas koloninya telah berfungsi sebagai sumber ekstraksi kekayaan besar-besaran dan mengingat masalah yang dihadapi Paris baru-baru ini, sumber daya ini mungkin lebih penting dari sebelumnya.

Di sisi lain, perubahan geopolitik baru-baru ini di daerah tersebut telah membuat Prancis sangat tidak berdaya. Setelah kekalahan dari intervensi selama hampir satu dekade di Chad tahun lalu, Paris juga “terusir” dari pangkalan militernya di Pantai Gading, Senegal, dan Gabon. Tak satu pun dari pangkalan itu dapat digunakan secara efektif sebagai tempat persiapan untuk invasi karena terbatasnya jumlah pasukan yang ditempatkan di sana.

Namun, bahkan jika Prancis entah bagaimana menemukan cukup tentara untuk melancarkan invasi, tidak satu pun dari tiga negara itu yang berbatasan dengan Niger. Yang paling dekat hanya Senegal dan Pantai Gading sebagai pangkalan.

Masalahnya dari Senegal dan Pantai Gading untuk mencapai Niger, Prancis harus melewati Mali dan Burkina Faso, yang keduanya telah menyatakan bahwa tindakan militer apa pun terhadap Niger sama saja dengan agresi terhadap mereka. Dengan kata lain, jika Prancis ingin menyerang Niger, ia juga perlu menyerang dua negara Afrika tersebut.

Jika itu terjadi, akan terjadi perang besar antara 6 negara. Blok Prancis yang disokong Pantai Gading dan Senegal menghadapi Niger yang disokong Mali dan Burkina Faso. Dan bukan tidak mungkin, China akan mendukung Niger dengan iming-iming sumber daya alam negara tersebut.

Posting Komentar untuk "Jika Perancis Menginvasi Niger, Perang Besar 6 Negara Akan Meletus di Afrika"