Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kepala Mossad dan AS Gelar Pembicaraan Rahasia Tentang Normalisasi Hubungan Arab Saudi

Kepala organisasi intelijen Israel Mossad, David Barnea, mengadakan diskusi rahasia dengan AS tentang upaya berkelanjutan pemerintahan Biden untuk menormalkan hubungan antara Arab Saudi dan Tel Aviv, menurut sebuah laporan.

Barnea, yang mengepalai dinas intelijen Israel Mossad, bertemu dengan pejabat senior Gedung Putih dan CIA dua minggu lalu tentang upaya untuk menjalin hubungan diplomatik antara kedua negara, Axios melaporkan mengutip dua pejabat AS yang tidak disebutkan namanya.

Presiden AS Joe Biden berusaha untuk memperkuat kesepakatan paling lambat awal tahun depan yang akan membuat Arab Saudi dan Israel secara resmi saling mengakui. Biden sangat ingin memiliki pakta tersebut sebelum musim kampanye 2024 dimulai pada musim semi berikutnya, menurut Axios.

Kunjungan Barnea dilakukan ketika Israel ingin memastikan kepentingan keamanannya jelas bagi Washington, termasuk proposal yang dapat melihat AS memberikan bantuan kepada Riyadh dalam mengembangkan program nuklir sipil dan potensi penjualan senjata ke Kerajaan, kata publikasi itu.

Jake Sullivan, penasihat keamanan nasional Biden, mengunjungi Riyadh minggu lalu, dan Gedung Putih mengatakan dia berdiskusi dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman dan pejabat senior lainnya “inisiatif untuk memajukan visi bersama untuk Timur Tengah yang lebih damai, aman, makmur, dan stabil. wilayah yang saling berhubungan dengan dunia.”

Barnea bertemu Sullivan sebelum dia berangkat ke Arab Saudi, dan juga duduk bersama sejumlah pejabat administrasi penting lainnya, termasuk Direktur CIA Bill Burns, staf Gedung Putih Timur Tengah Brett McGurk, dan Amos Hochstein, asisten energi dan infrastruktur Biden.

Posting Komentar untuk "Kepala Mossad dan AS Gelar Pembicaraan Rahasia Tentang Normalisasi Hubungan Arab Saudi"