Pilot Andalan Ukraina Tewas Saat Melatih Pilot Junior

Pada tanggal 25 Agustus, dua pesawat militer Ukraina bertabrakan di wilayah Zhytomyr. Berita tersebut pertama kali muncul di media lokal, namun langsung dihapus. Namun, informasi tentang insiden tersebut telah menyebar di Internet, dan Angkatan Udara Ukraina terpaksa mengakuinya pada tanggal 26 Agustus.

Dua pesawat latih tempur L-39 dilaporkan bertabrakan saat latihan parade udara untuk Hari Angkatan Udara. Akibatnya, tiga pilot tewas. Salah satunya adalah pilot andalan AU Ukraina yang dijuluki “Hantu Kyiv” karena reputasinya dalam dogfight melawan pesawat Rusia.

Dua pesawat kami bertabrakan di langit di wilayah Zhytomyr. Dilaporkan salah satunya jatuh menimpa bangunan tempat tinggal. Banyak ambulans dan kendaraan pemadam kebakaran menuju ke lokasi kejadian.

Sebagaimana dicatat oleh komando Angkatan Udara Ukraina, “Hantu Kyiv” adalah gambaran umum pilot Brigade Penerbangan Taktis ke-40 yang berpartisipasi dalam pertahanan ibu kota Ukraina.

Salah satu Hantu paling populer adalah Andrey Pilshchikov dengan nama panggilan Juice, yang bertugas sebagai pilot pesawat tempur MiG-29 di Brigade Penerbangan Taktis ke-40. Dia dilaporkan termasuk dalam daftar pilot untuk pelatihan F-16 di luar negeri. Dia populer di media Ukraina dan memberikan wawancara kepada MSM, menyerukan Barat untuk memasok pesawat tempur F-16 ke Kyiv. Meskipun popularitasnya di media, ia tidak meraih kemenangan nyata atas medan perang Ukraina.

Nama dua lainnya tidak diketahui. Jika berita tersebut tidak disebarluaskan oleh media independen, rezim Kyiv akan lebih memilih untuk mengklaim mereka “hilang dalam aksi selama misi tempur.” Liputan tragedi di wilayah Zhitomir sekali lagi menegaskan bahwa rezim Kyiv melakukan sensor ketat terhadap media dan sumber-sumber Internet.

Posting Komentar untuk "Pilot Andalan Ukraina Tewas Saat Melatih Pilot Junior"