Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

TNI AL Terkuat Nomer 4 Di Dunia

Sebuah lembaga survei The World Directory of Modern Military Warships (WDMMW) telah memeringkat angkatan laut terkuat di dunia, yang mencakup 36 negara. Hasilnya TNI Angkatan Laut Indonesia disebut berada di peringkat ke empat dalam daftar angkatan laut terkuat di dunia

Menurut hasil survei terbaru yang dirilis di situs WDMMW, seperti diberitakan South China Morning Post, Senin (7/8/2023), Indonesia menempati urutan keempat setelah Amerika Serikat, China, dan Rusia.

Pemeringkatan tersebut melihat jumlah total kapal perang dan kapal selam, di samping faktor-faktor seperti usia armada, dukungan logistik, serta kemampuan serangan dan pertahanan.

Itu juga melihat keseimbangan masing-masing kekuatan: berapa banyak jenis aset yang mereka miliki, dan jika mereka memusatkan aset mereka di satu area. Itu termasuk sebagian besar kapal tetapi meninggalkan kapal yang lebih kecil, kapal survei, dan kapal seremonial sejarah.

Pemeringkatan tersebut membedakan antara beberapa kelas kapal tempur – daftar jenis korvet dan fregat yang relatif kecil serta kapal perusak dan kapal penjelajah yang lebih besar.

Setiap angkatan laut diberi “True Value Rating” terakhir untuk mengukur mereka terhadap satu sama lain. Berikut susunan 25 negara teratas:

1. Amerika Serikat
2. China
3. Rusia
4. Indonesia
5. Korea Selatan
6. Jepang
7. India
8. Perancis
9. Inggris
10. Turki

WDMMW memberi Angkatan Laut Indonesia True Value Rating 137,7, dengan 243 unit aktif per Juli 2023.

Indonesia memiliki empat kapal selam, tujuh fregat, 25 korvet, sembilan kapal perang ranjau/countermine, 168 kapal patroli lepas pantai, dan 30 kapal serbu amfibi.
Indonesia jua tidak memiliki kapal induk, kapal penjelajah, atau kapal perusak, kata WDMMW.
Dikatakan armada Indonesia memiliki saldo aset “rata-rata”.
Usia rata-rata lambung kapal Indonesia adalah 21,8.

Posting Komentar untuk "TNI AL Terkuat Nomer 4 Di Dunia"