Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amerika Serikat Sukses Menguji Rudal Antar Benua Minuteman III

Angkatan Udara A.S. pada hari Rabu menguji rudal balistik antarbenua Minuteman III yang tidak bersenjata, menurut Komando Serangan Global Angkatan Udara.

Rudal jarak jauh berkemampuan nuklir tak bersenjata, dilengkapi dengan tiga kendaraan uji masuk kembali, diluncurkan dari Pangkalan Angkatan Udara Vandenberg di California dan menempuh jarak 4.200 mil ke Atol Kwajalein di Kepulauan Marshall.

“Tujuan dari program peluncuran uji ICBM adalah untuk memvalidasi dan memverifikasi keselamatan, keamanan, efektivitas, dan kesiapan sistem senjata,” kata komando tersebut.

Uji coba rudal tersebut dilakukan ketika kekhawatiran mengenai keamanan nuklir kembali meningkat di tengah perang Rusia di Ukraina dan melemahnya hubungan antara Moskow dan Barat.

Rudal balistik antarbenua Minuteman, atau ICBM, adalah elemen dari kekuatan pencegah strategis negara di bawah kendali Komando Serangan Global Angkatan Udara.

Minuteman adalah sistem senjata strategis yang menggunakan rudal balistik dengan jangkauan antarbenua. Rudal disebar dalam silo yang diperkeras untuk melindungi dari serangan dan dihubungkan ke pusat kendali peluncuran bawah tanah melalui sistem kabel yang diperkeras. Kru peluncuran, yang terdiri dari dua petugas, melakukan kewaspadaan sepanjang waktu di pusat kendali peluncuran.

Posting Komentar untuk "Amerika Serikat Sukses Menguji Rudal Antar Benua Minuteman III"