Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indonesia Membeli Kapal Penyelamat Kapal Selam Buatan Inggris

Kemenhan baru saja mengumumkan pengadaan alutsista terbaru untuk TNI AL berupa Submarine Rescue Vehicle System (SRVS), sebuah kapal selam yang berfungsi untuk mengevakuasi awak kapal selam yang tenggelam.

Pada tanggal 1 September 2023 Kementerian Pertahanan RI dan PT BTI Indo Tekno telah menandatangani kontrak pengadaan SRVS tersebut. Kesepakatan penting ini mencakup penyediaan kapal selam penyelamat berteknologi canggih SRV-F Mk.3 serta kapal induk khusus (Mothership) yang dirancang untuk mendukung misi penyelamatan kapal selam darurat.

SRV-F Mk.3 merupakan kapal selam penyelamat modern buatan SMP Inggris, yang mengusung konsep “One Out, All Out.” Dengan konsep ini, SRV-F Mk.3 dirancang untuk mampu menyelamatkan seluruh kru kapal selam seperti Naga Pasa-class dan Type-214 dalam satu kali perjalanan saja, hal ini dimungkinkan karena kapasitas SRV-F Mk.3 mencangkup 50 orang penumpang dan 3 kru untuk mengoperasikannya. SRV-F Mk.3 juga mempunyai desain “hybrid,” memungkinkannya untuk dibawa dengan menggunakan mothership, maupun dengan pesawat terbang, dan transportasi darat, memberikan keunggulan besar dari sistem lainnya.

SRV-F pesanan Indonesia nantinya akan dibawa oleh sebuah mothership yang dilengkapi dengan perlengkapan canggih seperti dedicated decompression chamber. Selain mengevakuasi kru, dengan adanya mothership dapat memberikan kemampuan penolongan pertama kepada kru yang baru di evakuasi. (Sumber Kemhan.go.id)

Posting Komentar untuk "Indonesia Membeli Kapal Penyelamat Kapal Selam Buatan Inggris"