Iran Kembangkan Rudal Hipersonik Baru Untuk Melawan Israel

Iran sedang mengembangkan rudal hipersonik baru untuk melawan Israel, klaim Brigadir Jenderal Abbas Nilforooshan, wakil komandan operasi Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC), dalam wawancara dengan Kantor Berita Tasnim yang diterbitkan pada 9 September.

Komandan tersebut mengatakan bahwa Ilmuwan Iran sedang mengembangkan jangkauan rudalnya hingga 2.000 kilometer sesuai perintah Pemimpin Revolusi Islam Ayatollah SEED Ali Khamenei, sesuai dengan doktrin operasional negara dan mempertimbangkan ancaman pada negara.

Iran saat ini sedang berupaya meningkatkan kualitas dan kemampuan rudal pada jarak 2.000 kilometer, kata komandan tersebut, seraya mencatat bahwa negara tersebut memiliki teknologi yang diperlukan untuk memperluas jangkauan rudalnya jika diperlukan.

bir. Jenderal Nilforooshan selanjutnya mengungkapkan bahwa rudal hipersonik pertama Iran, Fattah, yang diluncurkan pada Juni lalu dapat bermanuver dengan kecepatan Mach 14 hingga 15 telah dirancang untuk mengalahkan sistem anti-rudal Israel.

Rudal hipersonik seperti Fattah mencapai kecepatan tertingginya di ketinggian rendah di atmosfer, sehingga sangat sulit dilacak dan dicegat.

Komandan IRGC mengatakan bahwa Fattah dan rudal hipersonik lainnya yang saat ini sedang dikembangkan akan dapat menimbulkan “kerugian besar” bagi Israel.

“Saya memberi tahu Anda dengan yakin bahwa sistem pertahanan rudal rezim Zionis sudah usang jika berhadapan dengan rudal ini [Fattah],” katanya, seraya menambahkan bahwa rudal hipersonik Iran sedang diproduksi secara massal.

Versi Fattah saat ini memiliki jangkauan hingga 1.400 kilometer, yang berarti dapat menjangkau sebagian besar pangkalan AS di Timur Tengah serta Israel dari wilayah Iran. Meski begitu, Komandan Pasukan Dirgantara Korps Pengawal Revolusi Islam Brigadir Jenderal Amir Ali Hajizadeh mengungkapkan rencana para ilmuwan di sana untuk memperluas jangkauan rudal hingga 2.000 kilometer tak lama setelah diluncurkan.

Meskipun menghadapi sanksi ketat dari Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya serta upaya sabotase berulang kali oleh Israel, program rudal Iran berkembang dan mencapai sejumlah terobosan dalam beberapa tahun terakhir.

Posting Komentar untuk "Iran Kembangkan Rudal Hipersonik Baru Untuk Melawan Israel"