Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilih Perang, Sembunyi Atau Mengungsi

Jika seandainya sekarang ini Indonesia diserang oleh negara Asing, kira-kira kamu akan pilih yang mana? Gabung perang ikut TNI? atau Sembunyi cari aman atau mengungsi ke luar negeri?

Inilah yang dialami oleh Korea Selatan ketika diserang oleh Korea Utara pada tahun 1970, warga negaranya banyak yang tidak mau ikut perang sampai-sampai pihak tentara harus melakukan sweeping menangkap pemuda usia 20-40 tahun yang tidak mau ikut perang dan dipaksa ikut perang.

Oleh sebab pengalaman tersebut, di Korea Selatan sampai sekarang diwajibkan adanya wajib militer bagi laki-laki yang usianya 21 tahun ke atas. Tidak peduli apapun profesinya, harus ikut wajib militer selama 2 tahun.

Hal yang sama sekarang dialami oleh Ukraina. Para tentara Ukraina sampai harus melakukan sweeping di jalan-jalan raya menangkapi para pemuda untuk dipaksa ikut perang karena kehabisan prajurit.

Total jumlah personel tentara Ukraina saat ini diperkirakan hanya 250.000 personel dengan jumlah cadangan personel mencapai 300.000. Sedangkan Rusia jumlah personel tentara mencapai 1 juta personel dengan jumlah penduduk yang bisa dimobilisasi mencapai 500.000

Populasi penduduk Ukraina sendiri merosot dari 46 juta jiwa sebelum perang, tahun 2023 diperkirakan turun menjadi 35 juta jiwa.

Posting Komentar untuk "Pilih Perang, Sembunyi Atau Mengungsi"