Rusia Bikin Helikopter Khusus Pemburu Drone

Sejumlah laporan wartawan militer Rusia mengklaim bahwa Angkatan Bersenjata Rusia telah membentuk unit helikopter khusus untuk memburu drone kamikaze Ukraina.

Unit baru pada helikopter serang Mi-28N dikerahkan di beberapa wilayah untuk mengalahkan drone murah Ukraina, menurut saluran telegram Informan Militer. Saluran tersebut memiliki hubungan dekat dengan militer Rusia, khususnya pasukan operasi khusus.

Awak helikopter sedang berlatih untuk mencegat drone siang atau malam dalam segala jenis cuaca, kata saluran tersebut.

Militer Rusia berencana mengerahkan helikopter serang untuk mengusir dan menghancurkan “penyusup” dengan autocannon Shipunov 2A42 30mm, yang dikembangkan untuk kendaraan lapis baja Rusia.

Ada upaya sebelumnya untuk menggunakan Mi-28 sebagai “pencegat” drone. Secara khusus, Direktorat Intelijen Pertahanan (GUR) Ukraina melaporkan hampir seminggu yang lalu bahwa dua Mi-28 Rusia dan satu pesawat mengejar salah satu drone Ukraina di dekat Tanjung Tarkhankut di Krimea yang diduduki sementara, namun pencegatannya gagal.

Mi-28 rancangan Soviet telah digunakan oleh Angkatan Udara Rusia sejak pertengahan tahun 2000-an dan juga diekspor ke sejumlah negara, termasuk Irak. Mi-28N Night Hunter adalah versi upgrade dari helikopter tempur Mi-28.

Posting Komentar untuk "Rusia Bikin Helikopter Khusus Pemburu Drone"