Tank Merkava Yang Dicuri, Ditemukan di Tempat Sampah

Sebuah tank yang dicuri dari pangkalan pelatihan Pasukan Pertahanan Israel (IDF) dekat Persimpangan Eliakim di Israel utara telah ditemukan, Polisi Israel mengumumkanya pada 20 September.

Dalam sebuah pernyataan, polisi mengatakan bahwa tank itu ditemukan di tempat pembuangan sampah, sekitar 20 kilometer di sebelah selatan kota pesisir Haifa.

“Dari penyelidikan awal mengenai keadaan kasus tersebut, tangki tersebut diduga tidak aktif dan dicuri dari lokasi kejadian karena alasan yang sedang diselidiki,” kata pernyataan polisi. “Setelah menemukan tank yang dicuri, pemberitahuan dikirim ke Kementerian Pertahanan dan polisi membuka penyelidikan bersama dengan Kementerian Pertahanan.”

IDF mengatakan dalam pernyataan terpisah bahwa tank tersebut hanyalah sasis Merkava Mk II yang dinonaktifkan beberapa tahun lalu.

“Mereka tidak mempunyai persenjataan, dan sistemnya tidak berfungsi,” bunyi pernyataan itu. “Tank itu ditempatkan di area tembak, terbuka bagi siapa pun yang lewat, dan digunakan sebagai kendaraan stasioner untuk latihan tentara.”

Pernyataan itu mengatakan tank itu “dikembalikan ke sistem keamanan”. Ia menambahkan bahwa “penyelidikan atas insiden tersebut terus berlanjut, dan penyelidikan komando juga akan dilakukan.”

Dua tersangka telah ditangkap sehubungan dengan pencurian tank IDF yang dinonaktifkan, menurut The Jerusalem Post.

Anehnya, ini bukan pertama kalinya tank IDF dicuri tahun ini. Februari lalu, dua tentara veteran mencuri sebuah tank dari Dataran Tinggi Golan untuk memprotes rencana pemerintah merombak sistem peradilan negara.

Merkava telah menjadi tank tempur utama IDF sejak tahun 1980an. Pada 19 September, Israel meluncurkan tank generasi ke-5 yang diberi nama Barak.

Posting Komentar untuk "Tank Merkava Yang Dicuri, Ditemukan di Tempat Sampah"