Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rusia Siapkan Serangan Udara Terbesar ke Ukraina

Citra satelit baru-baru ini menunjukkan adanya akumulasi besar pesawat pengebom strategis di Pangkalan Udara Engels di wilayah Saratov, meningkatkan kekhawatiran mengenai potensi persiapan untuk serangkaian serangan besar-besaran baru terhadap infrastruktur penting Ukraina.

Menurut saluran eRADAR di Telegram, yang memiliki hubungan dekat dengan militer Ukraina, pada 13 November, pasukan Rusia telah memusatkan 7 pesawat pengebom Tu-95MS (MSM) dan 4 pesawat pengebom Tu-160 di pangkalan udara ini.

Secara total, 11 pembom strategis jarak jauh dan kapal penjelajah rudal ditempatkan di Pangkalan Udara Engels. Khususnya, terdapat pergeseran dalam strategi penyebaran, dengan 4 dari 7 Tu-95MS kini diposisikan di lokasi parkir standarnya, sehingga memperlihatkan dengan jelas kontainer yang diyakini menyimpan rudal jelajah.

Menurut Direktorat Intelijen Utama Kementerian Pertahanan Ukraina, pasukan Rusia diperkirakan akan lebih mengandalkan rudal jelajah, seperti Kh-101, Kh-555, dan “Kalibr,” dibandingkan rudal balistik. Akumulasi rudal-rudal ini sejak tanggal 25 September, ditambah dengan penggunaannya yang terbatas baru-baru ini, menunjukkan adanya penumpukan strategis.

Menanggapi perkembangan ini, Presiden Volodymyr Zelensky mendesak negaranya untuk bersiap menghadapi potensi peningkatan serangan terhadap infrastruktur Ukraina selama musim dingin. Dia menekankan perlunya peningkatan fokus pada pertahanan, upaya kontra-terorisme, dan langkah-langkah untuk mengurangi dampak terhadap warga sipil dan meningkatkan kemampuan pasukan Ukraina.

Posting Komentar untuk "Rusia Siapkan Serangan Udara Terbesar ke Ukraina"