Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Amerika Rayu Indonesia Agar Menjauh Dari Pengaruh China



Kebijakan luar negeri tradisional Indonesia adalah menjaga keseimbangan yang cermat antara Amerika Serikat dan Tiongkok, kebijakan yang ingin diganggu oleh Washington tanpa menghormati sikap non-blok Indonesia. Indonesia bertujuan untuk mempertahankan strategi kemandiriannya sambil mendorong stabilitas dan kesejahteraan regional, namun hal ini juga ditantang oleh meningkatnya militansi Washington terhadap Tiongkok di kawasan Asia-Pasifik.


Meskipun Tiongkok dan AS saling tuduh melakukan manuver militer yang memicu ketegangan di kawasan Asia-Pasifik, Indonesia tetap menyelenggarakan latihan militer besar-besaran dengan AS namun tetap mempertahankan Tiongkok sebagai mitra ekonomi utama. Hal ini diharapkan dapat mengimbangi risiko yang terlalu bergantung pada satu kekuatan besar, terutama karena keduanya sama-sama bersaing keras untuk mendapatkan pengaruh di negara yang memiliki tiga titik batas maritim utama – Selat Malaka, Lombok, dan Sumba.

Latihan Super Garuda Shield tahun 2023 melibatkan 1.900 personel militer Indonesia, 2.100 personel AS, dan 1.000 personel lainnya dari Australia, Jepang, dan Singapura, serta “memperkuat hubungan bilateral AS-Indonesia,” menurut Mayjen AS Jered P. Helwig. Ini merupakan latihan terbesar yang melibatkan tim Indonesia dan AS.




Meski AS akan kembali berpartisipasi dalam Super Garuda Shield 2024, juru bicara militer Indonesia Mayjen Nugraha Gumilar menegaskan bahwa latihan tersebut tidak ada niat untuk mengkonsolidasikan kekuatan militer terhadap negara-negara tertentu dan menegaskan kembali bahwa Indonesia adalah negara non-blok dalam hal keamanan regional. , menambahkan bahwa ada kerja sama pertahanan dengan Tiongkok dalam pendidikan militer dan pertukaran pelajar pelajar.

“Kami memiliki kekuatan militer Tiongkok yang bergabung di Sekolah Staf dan Komando TNI dan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Darat,” ujarnya.


Pada saat yang sama, pengamat militer Universitas Pertahanan Nasional Amerika Serikat pada tahun 2017 menemukan bahwa Indonesia termasuk di antara sepuluh besar mitra komunikasi militer Tiongkok dari tahun 2003 hingga 2016.


Para pengambil keputusan di Jakarta telah berhasil mempertahankan kebijakan yang seimbang, namun Washington secara aktif menentang hal ini. Washington berupaya mengeksploitasi perbedaan yang dimiliki negara-negara Asia Tenggara satu sama lain dan dengan Tiongkok karena memperkuat wilayah di Laut Cina Selatan dan memanfaatkan hal ini untuk membuat negara-negara tersebut menentang Beijing.

Meskipun AS tampaknya merupakan mitra militer yang lebih penting bagi Indonesia dibandingkan Tiongkok, mitra dagang utama negara kepulauan tersebut jelas adalah Tiongkok. Meskipun demikian, Amerika Serikat hanya menyebabkan sedikit kerusakan pada hubungan Indonesia-Tiongkok melalui perang dagangnya, namun hal ini hanyalah hambatan dalam skema hubungan perdagangan dan investasi yang lebih besar, yang diperkirakan akan terus meningkat dari tahun ke tahun.

Mengingat Donald Trump diperkirakan akan menjabat di Gedung Putih pada bulan Januari 2025, ketegangan antara Washington dan Beijing akan semakin meningkat dibandingkan era Biden, dan Indonesia, sebagai negara yang sebagian besar perdagangan dunia melewati perairannya, akan menjadi medan pertempuran utama untuk mendapatkan pengaruh dari China dan AS. 

Namun, kemungkinan besar status quo dalam hubungan Jakarta-Washington dan Jakarta-Beijing akan terus berlanjut ketika Prabowo Subianto menjadi presiden pada akhir tahun ini karena ia tidak memberikan indikasi untuk meninggalkan posisi Indonesia yang biasanya tidak berpihak.

Posting Komentar untuk "Amerika Rayu Indonesia Agar Menjauh Dari Pengaruh China"