AD Azerbaijan Berlatih dengan Cardom Mortar System buatan Israel

Sesuai dengan rencana pelatihan tempur untuk tahun 2020 yang disetujui oleh Menteri Pertahanan Azerbaijan, latihan live-fire dilakukan dengan para awak baterai mortir angkatan bersenjata Azerbaijan menggunakan Recoil Mortar System Cardom Hatchet buatan Israel.

Cardom “Hatchet” adalah Recoil Mortar System (RMS) 81mm/120mm Israel yang diproduksi oleh Soltam Systems (pada Oktober 2010, Soltam dibeli oleh Elbit Systems). Sistem ini mulai digunakan pada tahun 2003 dan telah dioperasikan oleh Angkatan Darat AS, Pasukan Pertahanan Israel, negara-negara NATO, dan negara lainnya seperti Filipina, Thailand, Azerbaijan, Kamerun dan Kazakhstan.

Cardom merupaan sistem yang otonom dan terkomputerisasi untuk pemasangan pada kendaraan pembawa baik truk maupun kendaraan lapis baja ringan dan sedang. Sistem ini menggunakan sistem Pembidikan dan Pemosisian Mandiri dn Navigasi Terpadu yang Terkomputerisasi yang baru. Target Acquisition Device modernnya dengan Recoiling Mortar System yang dirancang khusus, mengurangi beban penembakan dan memungkinkan pemasangan sistem tersebut pada kendaraan tempur beroda ban dan rantai, atau bahkan kendaraan non lapis baja seperti truk.

Mekanisme Cardom Aiming dihubungkan dengan sistem komando, kendali, dan komunikasi yang canggih untuk mencapai mode pemosisian senjata secara otomatis dengan respons cepat. Sistem Cardom mengambil data akuisisi target yang menyediakan jangkauan, arah, posisi, dan data lainnya dari titik pengamatan dan mentransmisikannya langsung ke sistem Cardom; menggunakan motor servo listrik, laras mortir kemudian diatur pada sudut traverse dan elevasi yang tepat untuk kemudian siap untuk menembak.

Baca Juga:  Jenderal Rusia: Amerika Bisa Dengan Mudah Kalahkan Korea Utara

Cardom 120 mm memiliki firing rate 16 peluru per menit, dan firing rate berkelanjutan 4 peluru per menit. Cardom Recoil Mortar System telah mendapat kualifikasi untuk dioperasikan oleh Brigade Stryker ke-3 Angkatan Darat AS dan akan dipasangkan dengan M95 Mortar Fire Control System Angkatan Darat AS pada kendaraan M1129 Mortar Carrier. Sejauh ini telah lebih dari 320 sistem mortir tersebut dibuat untuk Angkatan Darat AS.

Sumber : armyrecognition.com/TSM Angga Saja

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan