Ada Pesawat Rusia Melintas, Hungaria Pura-Pura Tidak Tahu Biar Perang Tidak Melebar

Untuk ketiga kalinya dalam beberapa hari, angkatan udara Hungaria menerbangkan jet tempur sebagai aksi tanggapan atas sebuah pesawat tak dikenal yang melintasi wilayah udara negara itu dari Ukraina, dilaporkan menuju ke arah Slovakia.

Ini menarik karena Hongaria mungkin sepenuhnya tahu bahwa itu adalah Rusia, tetapi memilih untuk mengaburkan dan mengecilkan identitas agar tidak memberikan kesempatan bagi NATO menyerang Rusia .

Kementerian pertahanan mengkonfirmasi insiden baru Senin bahwa jet tempur Gripen Hungaria dikirim untuk mencegat dan menggagalkan laju pesawat asing ke wilayah udara berdaulatnya.

Menurut pernyataan resmi berdasarkan terjemahan terburu-buru dari media Hungaria: “… pada sore hari Pusat Operasi Udara Gabungan NATO memerintahkan lepas landas jet tempur Hungaria karena sebuah pesawat tak dikenal muncul di radar di bagian timur negara itu dan menuju Slovakia. Gripen memeriksa wilayah udara yang ditunjukkan, melakukan tugas patroli di sana, dan setelah yakin akan keamanan wilayah udara, mereka kembali ke pangkalan di Kecskemét, tulis HM.”

Kementerian pertahanan mengindikasikan bahwa wilayah udara itu “aman” setelah insiden yang membuat pesawat itu dengan cepat berangkat. Sebuah pernyataan media lokal terpisah mengatakan, “Komando operasi udara gabungan NATO memerintahkan jet ke udara setelah sebuah pesawat muncul di radar di bagian timur negara itu menuju ke arah Slovakia.”

Ini adalah ketiga kalinya sejak Sabtu bahwa pesawat yang beroperasi di Ukraina telah melanggar perbatasan Hongaria, yang sangat mengkhawatirkan mengingat Hongaria adalah anggota NATO, dan pesawat yang dimaksud kemungkinan adalah Rusia.

Baca Juga:  Saingi Israel, Turki Siap Beli Pesawat Siluman Su-57 Rusia

Ada juga beberapa insiden wilayah udara di sepanjang perbatasan Hongaria-Ukraina awal bulan ini…

Hungaria berkali kali menyiagakan jet tempur setelah dugaan pelanggaran wilayah udara negara NATO oleh objek tak dikenal, kata Menteri Luar Negeri Peter Szijjarto https://t.co/m4IRVRF20l

— Bloomberg Politics (@bpolitics) 11 Maret 2022

Ini menarik karena Hongaria mungkin sepenuhnya tahu bahwa itu adalah Rusia, tetapi memilih untuk mengaburkan dan mengecilkan identitas agar tidak memberikan kesempatan bagi NATO menyerang Rusia .

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan