AL Amerika Sukses Uji Coba Senjata Laser

Kapal perang Amerika Serikat telah berhasil menguji senjata laser berenergi tinggi baru yang dapat menghancurkan pesawat atau UAV yang sedang terbang, dalam tes USS Portland (LPD27) berhasil menjatuhkan kendaraan udara tak berawak (UAV) dengan Laser Weapon System Demonstrator (LWSD) Mk II MOD 0 pada 16 Mei.

LWSD merupakan senjata laser demonstrator berenergi tinggi yang dikembangkan oleh U.S Office of Naval Research dan dipasang di kapal Portland untuk melakukan ujicoba di laut.

Laser systemnya sendiri dikembangkan oleh Northrop Grumman yang implementasi sistem tingkat pertama dari laser solid-state class berenergi tinggi. Pengembangan seniata laser ini dilakan karena dalam 5 tahun terakhir U.S Navy semakin merasakan ancaman pesawat intai, drone UAV dan kapal boat kecil yang bersenjata, dengan senjata laser LWSD Mk II MOD 0 ini maka kedepannya setiap kapten kapal Amerika Serikat diberikan opsi lebih banyak untuk menangkis ancaman tersebut.

LWSD ini didefinisikan sebagai sistem elektromagnetik yang mampu mengubah energi kimia atau listrik menjadi energi yang dipancarkan dan memfokuskannya pada target, yang mengakibatkan kerusakan fisik.

Baca Juga:  Begal Merajalela di Kendari, TNI Turunkan Pasukan Siluman Gerak Cepat

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan