AL Filipina Pengen Sistem Rudal Hanud untuk Lindungi Pangkalan dan Instalasi Rudal Anti-Kapal Pantai

Angkatan Laut Filipina merencanakan proyek pengadaan Sistem Rudal Pertahanan Udara Berbasis Pantai (Shore-Based Air Defense Missile System – SBADMS) untuk melindungi sistem rudal anti-kapal berbasis pantai/sistem pertahanan pantai yang direncanakan oleh Angkatan Laut Filipina, serta juga melindungi instalasi dan pangkalan angkatan laut Filipina. Proyek pengadaan SBADMS dan Shore-Based Anti-Ship Missile System (SBASMS) merupakan dua proyek yang terkait, menurut MaxDefense Philippines pada tanggal 5 Juni.

Untuk SBASMS, Angkatan Laut Filipina tengah mengincar sistem rudal jelajah BrahMos, kata MaxDefense sebelumnya.

Untuk SBADMS, “Sistem pertahanan udara Rafael SPYDER adalah yang paling diunggulkan saat ini meskipun AL Filipina masih mencari sistem lain, termasuk Raythoen-Kongsberg NASAMS dan LIGNex1 KM-SAM Cheolmae II,” kata MaxDefense.

Selain Angkatan Laut, Angkatan Darat Filipina juga menginginkan untuk mengakuisisi sistem rudal jelajah BrahMos di bawah Proyek Akuisisi Sistem Rudal Berbasis Darat (Land-Based Missile System Acquisition Project).

Pada Desember 2019, Sekretaris Departemen Pertahanan Nasional (DND) Delfin Lorenzana mengatakan kontrak untuk BrahMos Angkatan Darat kemungkinan ditandatangani pada paruh pertama tahun 2020.

Namun, pandemi COVID-19 memengaruhi banyak proyek di bawah Program Modernisasi Angkatan Bersenjata Filipina.

“AD Filipina tertarik untuk mendapatkan rudal jenis ini karena akan memperkuat operasi pertahanan pesisir kita,” kata pihak AD Filipina pada Oktober 2019.

Sementara itu, Angkatan Udara Filipina telah memilih sistem pertahanan udara SPYDER (Surface-to-air PYthon dan DERby) yang dikembangkan oleh Israeli Rafael Advanced Defense Systems untuk Proyek Akuisisi Sistem Pertahanan Udara Berbasis Udara (Ground-Based Air Defense System – GBADS) AU Filipina.

Baca Juga:  Panglima TNI Hadiri Pameran The Defence And Security 2017 Di Thailand 

Sumber : mintfo.com via TSM Angga

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan