Amerika Ingin Ektradisi 585 Pilot AU Afghanistan Yang Kabur Ke Uzbekistan

Amerika Serikat telah mencapai kesepakatan dengan pihak berwenang Uzbekistan untuk memindahkan sekelompok pilot Angkatan Udara Afghanistan, yang terbang ke Uzbekistan bersama keluarga mereka, ke pangkalan militer Amerika, menurut sumber The Wall Street Journal.

Setelah gerakan Taliban berkuasa, pada 14 dan 15 Agustus, 22 pesawat tempur dan 24 helikopter militer Afghanistan, yang membawa 585 tentara Afghanistan, secara ilegal memasuki wilayah udara Uzbekistan. Ini kemudian dibuktikan dengan citra satelit dari bandara Uzbekistan Termez.

Diperkirakan 585 pilot Afghanistan, anggota kru dan kerabat mereka akan terbang ke pangkalan militer AS di Doha, di mana mereka akan bersiap untuk dipindahkan ke negara lain.

Tidak diketahui apakah salah satu dari mereka akan pindah ke Amerika Serikat. Nasib puluhan pesawat Afghanistan yang mereka gunakan untuk datang ke Uzbekistan masih belum diketahui.

Taliban mencoba untuk mendapatkan ekstradisi pilot. Perwakilan Taliban, Suheil Shaheen, sebelumnya telah memanggil mereka untuk kembali ke negara itu, karena Afghanistan di bawah kendali Taliban menghadapi kekurangan pilot profesional.

Baca Juga:  Diplomat Cantik Indonesia Membalas Serangan Soal Papua di Markas PPB

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan