Amerika Perkenalkan Pesawat F 16 Khusus Perang Elektronik, TNI Belum Punya

Dinamika pertempuran udara kini tidak lagi didominasi dengan pertempuran udara jarak jauh (beyond visual range/BVR) atau pertempuran udara jarak dekat (with visual range/WVR) memasuki era millennium jet-jet tempur modern diharapkan bisa melakukan atau bertahan dari serangan elektronik lawan dalam pertempuran elektronik alias electronic warfare (EW).

Seperti diberitakan oleh Defence Blog (15/11/2019) AU AS resmi menunjuk raksasa pertahanan Northrop Grumman untuk memasok pod internal perang elektronik (Electronic Warfare/EW) dan radar warning receiver (RWR) untuk pesawat tempur F 16.

Tujuan dari proyek prototipe tersebut adalah untuk memberikan kemampuan jet tempur F 16 untuk menanggulangi ancaman serangan elektronik modern musuh yang terus tumbuh. Northrop Grumman sendiri mengklaim sistem peperangan elektronik buatanya menawarkan perlindungan dari ancaman serangan elektronik musuh seperti Rusia dan China.

Menurut Brent Toland Wapres Land and Avionik C4ISR Northrop Grumman “kami telah mempunyai pengalaman panjang untuk membangun sistem peperangan elektronik seperti pod AN/ALQ 131 yang khusus dibangun untuk F 16 dan F 35, kini kami siap untuk membangun jet F 16 yang terdedikasi untuk peperangan elektronik”

Sebagai pengguna F16 dalam jumlah besar seharusnya TNI AU juga membekali armada F 16nya dengan kemampuan peperangan elektronik jika tidak mampu untuk mengupgrade dengan pod internal Northrop Grumman menyediakan Pod Electronic Warfare Eksternal yaitu AN/ALQ 131 untuk menghadapi serangan elektronik/jamming musuh.

Baca Juga:  Rusia dan Indonesia Sedang Bernego Pembelian Kapal Selam Project 636 "Varshavyanka"

Sumber: World Defense Zone

Tinggalkan Balasan