Amerika Puji Peran Turki Dalam Perang Rusia vs Ukraina, Erdogan Takut Putin Marah

Amerika Serikat menyambut baik upaya diplomatik Turki dalam menemukan solusi untuk perang Rusia-Ukraina, kata Juru Bicara Departemen Luar Negeri Ned Price mengatakan Jumat kemarin, 12/02/2022. Selain Turki, Prancis dan Israel juga mendapat pujian yang sama.

Price memuji peran Turki, dengan mengatakan bahwa sekutu NATO tersebut telah berkoordinasi dan berkonsultasi penuh dengan AS selama proses tersebut.

Mempertahankan sikap netral dan seimbang, Turki melanjutkan upaya diplomatiknya untuk meredakan konflik Ukraina, mendesak semua pihak menahan diri. Sementara Ankara menentang sanksi internasional untuk Rusia. Tapi di sisi lain Turki juga tetap menutup selat Bosporus dan Dardanelles bagi kapal Rusia untuk melintas.

Sekutu NATO Turki berbatasan dengan Ukraina dan Rusia di Laut Hitam dan memiliki hubungan baik dengan keduanya. Sejak awal konflik, Ankara telah menawarkan untuk menengahi antara kedua belah pihak dan menjadi tuan rumah pembicaraan damai, menggarisbawahi dukungannya untuk integritas teritorial dan kedaulatan Ukraina. Baru-baru ini menyebut invasi Rusia sebagai pelanggaran hukum internasional yang tidak dapat diterima, tapi Turki dengan hati-hati merumuskan retorikanya untuk tidak menyinggung Moskow, yang memiliki ikatan energi, pertahanan, dan pariwisata yang erat.

Baca Juga:  Rusia Kirim Pasukan Besar-besaran ke Krimea Siap Perang Dengan Ukraina

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan