Amerika Siapkan Drone Generasi Ke-5, Siap Terbang Akhir Bulan

Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyatakan bahwa mereka telah menyiapkan pesawat terbang tanpa awak Generasi ke-5 (5G) yang akan siap uji terbang perdana di akhir bulan ini.

Drone yang diberi kode 5GAT ini menjalani uji darat dan berhasil diselesaikan di Michael Army Airfield pada 18 September 2020.

Program pengujian juga termasuk verifikasi yang diperlukan untuk pelaksanaan pendaratan dan lepas landas secara aman: sebagai bagian dari persiapan untuk penerbangan perdana, prototipe pertama melakukan 24 taxi test (15 kecepatan rendah dan 9 kecepatan tinggi) dalam enam hari .

Drone 5GAT, dideskripsikan “dirancang untuk memungkinkan pengujian dan evaluasi platform udara-ke-udara dan permukaan-ke-udara, pengujian dan evaluasi senjata, pelatihan pilot dan pasukan darat, dan pengembangan taktik, teknik dan prosedur ancaman generasi kelima,” bunyi rilis Departemen Pertahanan AS.

Proyek 5GAT dijalankan oleh Sierra Technical Services (kontraktor utama), Fast Optimal Engineering (bertanggung jawab atas subsistem) dan 5D Systems (menyediakan perangkat lunak). Yang menarik, 5GAT mendaur ulang komponen yang dikanibal dari pesawat militer yang dipensiunkan.

Baca Juga:  Pesawat Pembom Rusia TU-160 dan Tu-22M3 Siap Jalani Modernisasi

1 Komentar

Tinggalkan Balasan