Amerika Tawarkan Pesawat F-18 Super Hornet, AL India Antusias

Hubungan India dan Amerika Serikat akan makin akrab dan erat, ini karena kedua negara punya musuh yang sama, yaitu China.

Jika selama ini gudang senjata India banyak diisi alutsista buatan Soviet-Rusia, sekarang mereka bersiap membeli senjata dari Amerika Serikat.

Dilansir dari dari The National Interest, AS telah menawarkan pesawat F/A-18 Super Hornet, tawaran ini disampaikan dalam dialog tingkat menteri kedua negara baru baru ini.

Dalam tawaran itu, Amerika Serikat menawarkan paket penjualan F/A-18 Super Hornet bersama pesawat tanpa awak MQ-9B SeaGuardian kepada India.

Jelas tawaran ini sangat menggiurkan bagi India. Angkatan Laut pun menyambut antusias atas pilihan F/A-18 Block III Super Hornet yang ditawarkan, siapa yang tidak mau?.

Pesawat ini akan memenuhi kebutuhan India untuk memiliki pesawat tempur yang dapat beroperasi dari kapal induk, sebelumnya sendiri Angkatan Laut India berencana mengganti armada MiG-29K buatan Rusia yang ada.

Musim panas lalu, Boeing telah melakukan uji coba skijump terhadap Super Hornet, rencananya akan ada dua kapal Induk India yang akan mengoprasikan pesawat tempur baru kedepannya.

India telah menyatakan minatnya untuk memperoleh sekitar 57 pesawat tempur angkatan laut dari operasi dari kapal induk, dan Boeing dengan F/A-18 Super Hornet siap memenuhi tantangan apapun bersama India.

Baca Juga:  Walau Diembargo, Iran Berhasil Merawat F-14 Tomcat Tetap Optimal

Channel Militermeter

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan