Anggota ISIS Baiat Pada Pemimpin Baru

Pada 11 Maret, kantor berita ISIS, Amaq, merilis foto yang menunjukkan anggota kelompok itu di beberapa negara Mediterania dan Afrika Barat berjanji setia kepada pemimpin baru mereka Abu al-Hassan al-Hashimi al-Qurashi.

Abu al-Hassan menggantikan Abu Ibrahim al-Hashimi al-Qurashi, yang tewas dalam serangan AS di tempat persembunyiannya di wilayah barat laut Suriah, pada 3 Februari.

ISIS mengkonfirmasi kematian Abu Ibrahim dalam pesan audio yang dirilis oleh Yayasan al-Furqan untuk Produksi Media pada 10 Maret. Dalam pesan yang sama, kelompok teroris mengungkapkan bahwa Abu Ibrahim menyebut Abu al-Hassan sebagai penggantinya sebelum kematiannya. .

Kumpulan foto pertama yang dirilis oleh Amaq menunjukkan beberapa teroris kelompok itu di provinsi Kirkuk, Irak utara, berjanji setia kepada Abu Hassan.

Kumpulan foto kedua menunjukkan lusinan teroris ISIS di dekat Danau Chad di Afrika Barat berjanji setia kepada pemimpin baru kelompok itu.

Abu al-Hassan, yang berasal dari lingkaran dekat teroris Irak yang berjuang keras yang muncul setelah invasi AS tahun 2003, tampaknya dekat dengan Abu Ibrahim.

Dua pejabat keamanan Irak yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada Reuters bahwa nama asli Abu al-Hassan adalah Juma Awad al-Badri, dan dia adalah kakak dari mantan pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi, yang tewas dalam serangan AS di Greater Idlib pada 26 Oktober 2019. Klim ini belum dikonfirmasi.

Baca Juga:  Belarus Terima Pesawat Sukhoi Su-30 Buatan Rusia Tapi Sistem Avioniknya Dari Perancis

Tidak banyak yang diharapkan berubah di bawah pemerintahan Abu Hassan. ISIS kemungkinan akan melanjutkan upayanya untuk memperluas kendali dan pengaruhnya, terutama di kawasan Mediterania, Afrika, dan Asia Tengah.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan