Antisipasi Embargo AS, Turki Kembangkan Rudal Anti Radar untuk F-16

Roketsan, Perusahaan BUMN Turki pembuat rudal saat ini sedang mengembangkan rudal anti-radiasi (anti-radar) supersonik untuk pesawat tempur masa depan buatan dalam negeri Turki TF-X. Rudal ini diberi namai Akbaba (atau “burung pemakan bangkai”).

Rudal ini diproyeksikan untuk bisa digendong pesawat generasi kelima Turki TF-X yang sedangkan dikembangkan. Namun rudal ini juga akan bisa digendong pesawat F-16 Turki.

Spesifikasinya masih dirahasiakan. Banyak pengamat militer meyakini, bahwa rudal Akbaba akan menggantikan batch sekitar 100 rudal AGM-88 HARM dalam inventaris Angkatan Udara Turki.

AGM-88 HARM buatan perusahaan AS Raytheon Technologies, merupakan rudal anti-radiasi (anti-radar) berkecepatan tinggi yang digunakan untuk mencari dan menghancurkan sistem pertahanan udara yang dilengkapi dengan radar.

Seorang pejabat Angkatan Udara Turki mengatakan Akbaba akan digunakan oleh Skuadron ke-151 “Bronze” – sebuah unit yang berspesialisasi dalam menggunakan senjata HARM saat mengoperasikan F-16C/D Fighting Falcon.

Baca Juga:  Thailand Pensiunkan 2 Pesawat F16 dan 5 Pesawat L39ZA Albatros

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan