Armenia Kecewa Dengan Kinerja Radar Swathi Buatan India

Media media Pakistan dan Tiongkok menyebutkan berita bahwa Armenia menyalahkan India atas kekalahannya dengan Azerbaijan dari konflik baru baru ini di Nagorno-Karabakh, sebuah akun di media sosial mengklaim bahwa penyebab utama kekalahan ini adalah kinerja radar Swathi buatan India yang buruk.

Beberapa kabar berita juga mmenyebutkan bahwa Armenia juga akan menuntut pengembalian dana sebesar $40 Juta dari India, yang dibayarkan untuk radar Swathi tersebut.

Kabar ini belum terkonfirmasi oleh pejabat berwenang Armenia, tapi jika itu benar, industri pertahanan India akan turun derajatnya karena kualitas produknya yang sangat jelek ini.

Beberapa media India menuduh kabar itu adalah Hoax yang disebar oleh media asal Pakistan dan China, dua negara musuh India. Karena dalam laporan resmi militer Armenia, tidak disebutkan ada senjata buatan India yang hancur selama perang.

Amernia pada Maret 2020 ini memilih radar Swathi dengan pembelian 4 unit batrai senilai $40 Juta (Rp563 Miliar).

Swathi sendiri merupakan Artillery Locating Radar yang dirancang untuk melacak roket atau artileri dan mampu menentukan titik asal tembakan, radarnya bisa menditeksi tembakan artileri hingga 30 km, tembakan roket hingga 40 km dan mortar hingga 20 km.

Baca Juga:  Zelensky Klaim Jika Tulang Punggung Militer Rusia Telah Hancur, Butuh Puluhan Tahun Untuk Pulih

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan