AS Ancam Depak India Dari Aliansi Quad Jika Nekad Beli Rudal S400 Buatan Rusia

Pembelian sistem pertahanan udara S-400 yang diusulkan India dari Rusia telah menjadi masalah berduri dalam hubungan bilateral New Delhi dengan Washington, dengan pemerintahan Amerika berturut-turut mengancam akan menjatuhkan sanksi ekonomi terhadap India jika berjalan maju dengan kesepakatan. Meskipun tekanan Amerika konsisten, New Delhi sejauh ini terjebak pada kesepakatan.

Subramanian Swamy, anggota parlemen senior dari Partai Bharatiya Janata (BJP) india, pada hari Kamis memperingatkan bahwa AS akan “mengusir” New Delhi dari aliansi“Quad”, yang mencakup AS, India, Jepang, dan Australia, jika pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi melanjutkan usulan pembelian sistem pertahanan rudal S-400 dari Rusia.

Peringatan oleh MP Veteran India datang beberapa hari setelah Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengisyaratkan bahwa India dapat menghadapi sanksi atas usulan pembelian sistem pertahanan udara Rusia yang canggih.

Terlepas dari momok sanksi CAATSA, New Delhi sejauh ini secara terbuka menolak tekanan Amerika atas kesepakatan pertahanan $ 5,43 miliar.

Sistem rudal pertahanan udara S-400 “Triumf” yang canggih, disebut-sebut sebagai yang paling canggih dari jenisnya di dunia, adalah produk pertahanan berkualitas ekspor dan dikatakan memiliki kemampuan menembak jatuh pesawat musuh, rudal, dan drone yang masuk dalam kisaran perkiraan 400 kilometer.

New Delhi diatur untuk dijadwalkan akan menerima batch pertama dari lima sistem S-400 yang dipesan dari Rusia menjelang akhir 2021.

Baca Juga:  Putin Kirim Utusan Khusus Temui Jokowi, Puji Kebijakanya

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan