AS dan Polandia Berencana Kirim Pesawat Tempur era Soviet ke Ukraina Dengan Imbalan F16

MiG 29 Fulcrum milik Polandia, jika Polandia tidak berhasil, zona larangan terbang akan dipilih

Washington sedang mengerjakan kesepakatan dengan Polandia untuk memasok Ukraina dengan pesawat tempur era Soviet untuk meningkatkan pertahanan Kyiv melawan invasi Rusia, menurut media Amerika Serikat.

Beberapa outlet berita melaporkan Sabtu bahwa pejabat AS memberi tahu mereka tentang kemungkinan kesepakatan, di mana Polandia akan mengirim pesawat era Soviet ke Ukraina dengan imbalan jet tempur F-16 Amerika.

Sejak Rusia menginvasi 10 hari yang lalu, korban ekonomi dan kemanusiaan dari perang telah meningkat dan para pejabat telah melaporkan ratusan warga sipil tewas.

Senjata, amunisi dan dana telah mengalir ke Ukraina dari sekutu Barat.

“Kami bekerja dengan Polandia dalam masalah ini dan berkonsultasi dengan sekutu NATO kami lainnya,” kata seorang pejabat Gedung Putih seperti dikutip dalam laporan oleh Wall Street Journal dan NBC.

Kyiv telah mendesak Barat untuk meningkatkan bantuan militer ke negara yang terkepung, termasuk pesawat tempur, dengan Presiden Volodymyr Zelenskyy memohon tetangga Eropa Timur untuk menyediakan pesawat buatan Rusia yang pilotnya dilatih untuk terbang.

Pemimpin Ukraina telah berbicara kepada anggota parlemen AS melalui panggilan video Sabtu, mencari pendanaan lebih lanjut dan embargo impor minyak Rusia.

Laporan The Wall Street Journal mengutip dua orang yang menelepon, yang mengatakan Zelenskyy meminta jet tempur setelah pemimpin minoritas Senat Mitch McConnell bertanya kepada presiden Ukraina apa yang paling dia butuhkan.

Baca Juga:  Pulang Ke Jakarta, Prajurit KRI Bung Tomo-357 Sujud Syukur

“Urgensi Amerika Serikat dan sekutunya untuk mendukung kebebasan bagi rakyat Ukraina tidak pernah sebesar ini,” kata Senator Rob Portman setelah dia dan Mayoritas Senat Whip Dick Durbin berbicara dengan Zelenskyy.

“Kita harus menghilangkan setiap hambatan untuk memberikan setiap ukuran dukungan ke Ukraina termasuk menemukan cara bagi Amerika Serikat untuk memberikan kompensasi kepada mitra Eropa Timur kami yang ingin menyumbangkan pesawat gaya Soviet mereka ke Ukraina. Tidak ada waktu untuk kehilangan,” Portman kata dalam sebuah pernyataan.

Para legislator AS menjanjikan paket bantuan tambahan senilai $10 miliar, tetapi Gedung Putih sejauh ini mengesampingkan larangan minyak, karena khawatir hal itu akan menaikkan harga dan merugikan konsumen Amerika yang sudah tersengat oleh rekor inflasi.

Journal mengatakan para pejabat AS menyebutkan sejumlah pertanyaan praktis yang menantang, termasuk membawa pesawat ke Ukraina, dan bahwa kesepakatan itu akan memerlukan persetujuan Gedung Putih dan tindakan kongres.

Washington pekan lalu mengesahkan $350 juta peralatan militer untuk Kyiv – paket terbesar dalam sejarah AS.

1 Trackback / Pingback

  1. AS dan Polandia Berencana Kirim Pesawat Tempur era Soviet ke Ukraina Dengan Imbalan F16 - Portal Berita Militer Indonesia

Tinggalkan Balasan