AS Resmikan Pusat Perawatan F-16 Milik Taiwan

Amerika Serikat (AS) terus mempersenjatai Taiwan untuk bisa menjadi lawan yang tangguh bagi China daratan.

Pada 28 Agustus 2020, Amerika Serikat meresmikan pusat perawatan bagi pesawat F-16 milik Taiwan. Peressmian dilakukan langsung oleh Presiden Taiwan Tsai Ing-wen.

Dengan adanya pusat perawatan ini, F-16 Taiwan akan selalu siap dalam kondisi terbaik untuk menghadapi kekuatan AU China.

“Dibutuhkan kemampuan pertahanan yang kokoh, tidak tunduk, dan berani untuk mempertahankan kedaulatan Republik China dan menjaga perdamaian serta stabilitas regional,” kata Tsai dalam upacara pembukaan pusat perawatan pertama pesawat tempur F-16 yang paling canggih di pusat kota Taichung.

Dikutip dari Reuters, Tsai mengatakan pusat perawatan F-16 tersebut menandai tonggak sejarah dalam perjalanannya selama bertahun-tahun untuk membangun industri pertahanan Taiwan.

“Waktu yang dibutuhkan untuk perawatan jet akan sangat dipersingkat dan ketersediaan akan ditingkatkan secara signifikan, memastikan kekuatan tempur Angkatan Udara untuk di garis depan,” kata dia.

Amerika Serikat tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Taiwan, tetapi merupakan pendukung dan pemasok senjata utama di negara pulau itu.

Baca Juga:  2 Pesawat TC-90 JMSDF Filipina Dikirim Bulan Depan

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan