Asah Naluri, Kopaska TNI AL Latihan Serangan Infiltrasi di Kalimantan Utara

Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) yang merupakan salah satu Pasukan Khusus TNI Angkatan Laut (TNI AL) berjuluk “The Frogman”, pada Selasa (19/07) kemarin melaksanakan pemantapan Infiltrasi dan Exfiltrasi di Daerah latihan Pantai Amal TNI AL Kalimantan Utara dan sekitarnya yang di pimpin langsung oleh Dansatkopaska Koarmada II Kolonel Laut (P) Agus Yudho K.  

Latihan yang bertujuan untuk mengasah naluri dan kemampuan tempur para prajurit Kopaska jajaran Koarmada II tersebut, dilakukan dengan melaksanakan aksi penerjunan dan penyelaman tempur Close Circuit melalui Operasi Raid Demolisi di wilayah Tarakan. Selanjutnya, setelah menguasai Pulau Bunyu yang merupakan daerah sasaran, para manusia katak TNI AL itu melakukan penyerbuan melalui media infiltrasi udara dan bawah permukaan serta melaksanakan raid penghancuran di wilayah tersebut.

Pemantapan latihan Infiltrasi dan Exfiltrasi Satkopaska Koarmada II ini mendapat dukungan penuh Komandan Lantamal XIII Tarakan Laksma TNI Fauzi dengan mengerahkan personel dan alutsista yang siap digerakkan, serta unsur Pesawat udara (Pesud) Puspenerbal TNI AL yang beroperasi diwilayah Lantamal XIII Tarakan.

Pangkoarmada II Laksda TNI Dr. T.S.N.B Hutabarat mengatakan bahwa setiap satuan harus melaksanakan setiap  kebijakan pimpinan dengan melaksanakan Latihan-latihan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut, sehingga diharapkan latihan Satkopaska Koarmada II ini dapat meningkatkan kemampuan naluri tempur serta profesionalisme Prajurit Koarmada II.

“Kemampuan yang kalian miliki agar diterapkan di medan latihan dan tunjukkan bahwa kemampuan seorang prajurit Kopaska dapat diandalkan dalam tugas – tugas khusus seperti tugas Operasi Peperangan Laut Khusus. Sebagai pasukan khusus TNI AL tentunya memerlukan kemampuan fisik yang prima dan penguasaan materi, oleh karena itu kepada seluruh prajurit  Kopaska agar betul-betul serius serta memanfaatkan waktu latihan dengan sebaik-baiknya, sehingga kapanpun kalian dibutuhkan selalu siap menjalani tugas-tugas operasi di masa mendatang, ” tegas Pangkoarmada II.

Baca Juga:  KSAU Akan Percepat Upgrade 9 Pesawat F-16 TNI AI

Kegiatan latihan ini merupakan perintah pimpinan yang harus dilaksanakan oleh setiap Prajurit TNI AL, serta wujud implementasi Prioritas Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono dalam menghadapi segala ancaman dengan membangun sistem pembinaan kekuatan melalui kesiapan operasi yang bersinergi dan mempunyai interoperabilitas tinggi.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan