AU Amerika Gelontorkan Dana 156 Trilyun Untuk Modernisasi F-22 Raptor

Seperti pesan Raja Richard, “Even The Best Can Be Improve” yang terbaik sekalipun pasti masih bisa ditingkatkan. Pesawat tempur paling canggih di dunia saat ini, F22 Raptor juga tetap akan ditingkatkan.

Pada hari Jumat lalu, US Air Force (AU AS) telah memberi kontrak pada Lockheed Martin senilai $ 10,9 Miliar (Rp156,08 Triliun) untuk memodernisasi jet tempur F-22 Raptor-nya, program ini dinamakan Advanced Raptor Enhancement and Sustainment, atau ARES.

Tujuan program ini untuk menambah usia pakai dan modernisasi pesawat tempur generasi kelima selama satu dekade kedepan.

Menurut pengumuman Departemen Pertahanan, kontrak tersebut akan mencakup layanan termasuk peningkatan dan perbaikan pada Raptor. Lockheed juga akan menyediakan layanan logistik dan pengadaan modernisasi perangkat keras.

Jika semua opsi kontrak dilaksanakan, Pentagon mengharapkan pekerjaan selesai pada 31 Oktober 2031, dan pengerjaan kontrak tersebuy akan dilakukan di Fort Worth, Texas.

Anggatan biaya untuk modernisasi pada F-22 Raptor ini lebih tinggi dari pada pengembangan pesawat KF-21 Boramae (KFX/IFX) kerjasama Korea Selatan dan Indonesia yang “hanya” Generasi 4,5+ yang biayanya cuma sebesar $9,2 Miliar (Rp131,7 Triliun).

Negara adidaya memang harus terus mempertahankan keunggulan mesin perangnya. Itu harga mati.

Sumber :

https://www.defensenews.com/air/2021/11/05/lockheed-wins-109b-contract-to-modernize-f-22/

Baca Juga:  Rusia Siap Pasok Su-35 Jika China Mau Pesan Lagi

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan