AU Taiwan Pamer Kemampuan Menyerang Jarak Jauh Ke Wilayah China

Musuh China, Taiwan pamer kemampuan Angkatan Udaranya dalam melakukan serangan dengan target dari jarak jauh dalam latihan militer, pekan kemarin.

Dalam latihan tempur AU skala besarnya dari pangkalan udara Tainan selatan, Taiwan menggunakan rudal jelajah subsonik udara-ke-darat, yang dinamai “Wan Chien”.

Rudal jelajah Wan Chien itu ditembakkan dari pesawat Indigenous Defense Fighter (IDF), yang juga dikenal sebagai F-CK-1 atau Ching-Kuo.

Rudal tersebut memiliki jangkauan maksimum sekitar 240 kilometer dan saat ini sedang diproduksi secara massal.

Rudal Wan Chien dikembangkan oleh unit penelitian militer Taiwan, National Chung-Shan Institute of Science and Technology (NCSIST).

Rudal ini bisa dilepaskan oleh pesawat tempur taiwan tanpa harus masuk ke wilayah China dan bisa menghantam bandara dan unit militer China di provinsi pesisir Fujian dan Guangdong dan pusat konsentrasi pasukan lainya di sepanjang pantai tenggara China.

Rudal dipandu oleh INS/GPS dan diperkirakan juga memiliki terminal seeker. Muatannya diperkirakan sebesar 350 kg dengan hulu ledak high explosive, semi-armor piercing, atau submunisi. Hulu ledak submunisi dilaporkan dapat dilengkapi dengan 100 bomblet.

NCSIST saat ini juga tengah memulai pekerjaan varian baru dari rudal ini dengan jangkauan yang lebih jauh mencapai 400 km.

Baca Juga:  Ngintip Proses Pembuatan Tank Terminator Rusia

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan