Australia Kerahkan Pesawat F-35 Ke Malaysia Dalam Latihan Bersama Elangaroo

Personil dan pesawat Angkatan Udara Australia (RAAF) telah dikerahkan ke Pangkalan Udara Butterworth Angkatan Udara Kerajaan Malaysia (RMAF) untuk berpartisipasi dalam Latihan Elangaroo, latihan interaksi pesawat tempur udara-ke-udara.

Latihan tahun ini melibatkan pesawat F-35A Lightning II dan C-27J Spartan Australia untuk pertama kalinya.

Direktur Latihan RAAF, Kapten Grup Ravinder Singh, mengatakan tujuan dari latihan itu adalah untuk menguji dan meningkatkan integrasi kekuatan dan kesiapan gabungan antara negara-negara.

“Australia dan Malaysia memiliki hubungan lama dan sejarah melakukan latihan militer bersama,” kata Kapten Grup Singh.

“Latihan Elangaroo menampilkan kembalinya Skuadron 75 RAAF ke rumah lamanya di Butterworth, di mana ia menghabiskan 16 tahun tinggal dan bekerja bersama rekan-rekan RMAF dari 1967 hingga 1983.

“Latihan khusus ini akan menampilkan berbagai platform pertempuran udara modern yang terintegrasi di seluruh geografi dan pola cuaca yang beragam dan menantang di semenanjung Melayu.

“Awak akan menggunakan aset taktis RMAF dan RAAF, termasuk penerapan misi serangan dan kontrol udara, untuk melanjutkan saling pengertian yang besar yang ada di antara negara-negara kita.”

Latihan seperti Elangaroo sangat penting untuk memastikan Angkatan Udara siap merespons, dan mendukung komitmen berkelanjutan terhadap stabilitas regional di kawasan Indo-Pasifik.

Kapten Grup Singh mengatakan pelatihan dan integrasi selama latihan akan secara langsung mendukung kemampuan Angkatan Udara untuk melakukan operasi.

Baca Juga:  Pasang THAAD di Korea, Amerika Minta Kompensasi 13 Trilliun

“Elangaroo akan lebih memajukan kemampuan kami untuk memproyeksikan kekuatan udara dalam waktu singkat,” kata Kapten Grup Singh.

“Pekerjaan kekuatan terpadu yang kuat membutuhkan perencanaan dan pelatihan yang cermat untuk memastikan bahwa jika diminta, upaya kami aman, efisien, dan efektif.”

Latihan Elangaroo diadakan dari tanggal 7 hingga 18 November 2022.