Balas Korut, Korsel Sukses Luncurkan Rudal Jelajah Dari Kapal Selam

Setelah Korea Utara (Korut) sukses meluncurkan rudal jelajah dari Kereta Api. Korea Selatan (Korsel) langsung membalas dengan meluncurkan rudal dari kapal selam.

Video pertama merupakan peluncuran Submarine Launched Ballistic Missile dari kapal selam Dosan Ahn Chang-ho milik AL Korea Selatan di Anheung Test Site, bagian barat kota Taean. Peluncuran ini juga di hadiri oleh presiden Korea Selatan Moon Jae In.

SLBM yang ditembakkan oleh Korsel di yakini merupakan pengembangan dari rudal Hyunmoo-2B yang memiliki jangkauan hingga 500 km, rudal ini dilaporkan di beri codename Hyunmoo 4-4. Dengan adanya pengujian ini membuat Korsel menjadi negara ke 7 di dunia yang mengembangkan SLBM.

Video kedua adalah peluncuran rudal jelajah supersonik yang juga dikembangkan oleh Korea Selatan untuk meningkatkan kemampuan pertahanan maritim, peluncuran ini dilakukan beberapa hari setelah Korea Utara meluncurkan rudal balistik jarak jauhnya.

Menurut Kementrian Pertahanan Korea Selatan, Agensi untuk Pengembangan Pertahanan (ADD) mengatakan bahwa proses pengembangan rudal ini sudah selesai tahun lalu.

Pengumuman rudal jelajah baru ini juga muncul beberapa hari setelah Korea Utara meluncurkan rudal jelajahnya yang berhasil mengenai sasaran sejauh 1500km setelah terbang selama dua jam, dan beberapa jam setelah Korea Utara meluncurkan rudal SRBM ke Laut Timur dari kota Yangdok sejauh 800 km dengan ketinggian maksimum 60 km. Meskipun berdekatan Presiden Korsel mengatakan bahwa peluncuran ini bukan reaksi atas uji tembak rudal Korea Utara karena sudah dijadwalkan sebelumnya.

Baca Juga:  Bantu Cegah Kudeta Raja Salman, Israel Kirim 18 Pesawat Tempur dan 1 Pesawat Angkut ke Arab Saudi

Juga pada hari Rabu, ADD meluncurkan serangkaian proyek rudal lainnya yang sedang dikembangkan, termasuk separation test yang berhasil dari rudal udara-ke-permukaan jarak jauh baru, yang akan digunakan untuk jet tempur generasi berikutnya KF-21, dan rudal balistik baru dengan kemampuan serangan yang ditingkatkan.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan