Bangladesh Terima Pesawat Latih K-8W Buatan China

Angkatan Udara Bangladesh (BAF) menerima tujuh pesawat latih K-8W dari China, pesawat telah tiba di Bandara Chattogram Bangladesh dari China pada hari Kamis (15/10), kata siaran pers militer Bangladesh ISPR.

Tujuh pesawat ini tiba di Pangkalan BAF Zahurul Haque di Chattogram pada hari Kamis setelah penerbangan feri yang sukses dari Dehong Mangsgi Tiongkok oleh pilot BAF. Misi tersebut dipimpin oleh Group Captain A K M Abdur Rajjaque.

Pemerintah Bangladesh saat ini tengah berupaya mengambil berbagai langkah untuk memodernisasi BAF.

Dalam proses pengembangan ini, pemerintah Banglaadesh melakukan pengadaan tujuh pesawat K-8W dari China di bawah perjanjian government to government melalui CATIC, kata rilis ISPR.

Hongdu JL-8 (Nanchang JL-8), juga dikenal sebagai Karakorum-8 atau K-8, adalah pesawat latih jet menengah dua kursi dan pesawat serang ringan yang dirancang di Republik Rakyat Tiongkok oleh China Nanchang Aircraft Perusahaan Manufaktur. Pakistan juga merupakan mitra bersama dari proyek ini.

Kontraktor utamanya adalah Hongdu Aviation Industry Corporation. Varian ekspornya, K-8 Karakorum diproduksi bersama oleh Kompleks Penerbangan Pakistan untuk Angkatan Udara Pakistan.

Baca Juga:  Gantikan F-16, Singapura Akan Beli 40-60 Pesawat Tempur F-35B

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan