Baru aja Diupgrade, F-16 Viper Taiwan Hilang Di Laut

Angkatan udara Taiwan pada Selasa menangguhkan pelatihan tempur untuk armada F-16 setelah model jet tempur yang baru saja selesai menjalani upgrade tersebut jatuh ke laut dalam kecelakaan.

Kementerian pertahanan mengatakan F-16V, tipe paling canggih dalam armada Taiwan, hilang dari layar radar setelah lepas landas dari pangkalan udara Chiayi di Taiwan selatan untuk misi pelatihan.

Dikutip dari reuters.com, Pusat Komando Penyelamatan pemerintah mengatakan para saksi telah melihat pesawat itu jatuh ke laut dan helikopter serta kapal sedang mencari pilotnya.

Inspektur Jenderal Angkatan Udara Liu Hui-chien mengatakan pesawat itu baru saja ditingkatkan ke versi “V”, dengan sistem senjata dan avionik baru.

Pelatihan tempur untuk armada F-16 kini telah ditangguhkan, tambahnya.

Pada akhir 2020, sebuah F-16 menghilang tak lama setelah lepas landas dari pangkalan udara Hualien di pantai timur Taiwan dalam misi pelatihan rutin.

Tahun lalu, dua pesawat tempur F-5E, yang pertama kali memasuki layanan di Taiwan pada 1970-an, jatuh ke laut di lepas pantai tenggara setelah mereka tampaknya bertabrakan di udara selama misi pelatihan.

Baca Juga:  China Segera Kirim Rudal Balistik Pesanan Myanmar

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. 140 Pesawat F-16 Viper Milik Taiwan Dikandangkan Setelah Jatuh Paska Diupgrade – MiliterMeter.com
  2. 140 Pesawat F-16 Viper Milik Taiwan Dikandangkan Setelah Jatuh Paska Diupgrade – RagamNews.com - RagamNews.com

Tinggalkan Balasan