Baru Dibeli, Nigeria Langsung Gunakan Tank Buatan China

Tank tempur utama (MBT) VT4 buatan China melakukan debut tempurnya dalam operasi anti-terorisme Nigeria selama bentrokan dengan militan Boko Haram di timur laut ni itu.

Pemerintah Nigeria baru-baru ini telah mengumumkan bahwa mereka meluncurkan operasi militer skala besar terhadap militan Boko Haram, dan mengerahkan kendaraan tempur baru iliter Nigeria, termasuk diantaranya adalah tank tempur utama Norinco VT4 di timur laut Nigeria.

Panglima Angkatan Darat Nigeria menunjukkan gambar tank tersebut dalam ofensif baru terhadap militan Boko Haram, yang disebut “Operasi Tura Takai Bango”.

VT4 adalah tank tempur utama generasi ketiga dengan meriam smoothbore 125mm dan sistem pemuatan otomatis carousel yang dikembangkan oleh China North Industries Corporation (NORINCO). Untuk dukungan jarak dekat dan tembakan anti-personel, VT4 membawa senapan mesin koaksial 7,62 mm dan kemungkinan besar senapan mesin Tipe 88 12,7 mm, yang dipasang di cupola untuk digunakan oleh komandan.

Batch pertama tank VT4 tiba di Nigeria pada April 2020 lalu.

Pemberontakan Boko Haram, yang meletus di timur laut Nigeria pada 2009, telah menewaskan lebih dari 30.000 orang dan memaksa sekitar 2 juta orang mengungsi dari tempat tinggal mereka.

Sumber : defence-blog.com

Baca Juga:  Korea Selatan Luncurkan Satelit Militer ke Luar Angkasa

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan