Battle of Asal Uttar, Perang Tank Terbesar Antara India vs Pakistan

Pertempuran Asal Uttar merupakan salah satu pertempuran tank terbesar setelah Kursk, pertempuran ini terjadi pada 8-10 September 1965 antara Pakistan-India, ini dimulai ketika pasukan Angkatan Darat Pakistan dengan ratusan tank menusuk masuk ke wilayah India. Pasukan Pakistan menembus sejauh 5 km kewilayah India dan merebut kota Khem Karan, menindaklanjuti ini maka pasukan Kavaleri India melakukan serangan balasan.

Pertempuran dimulai ketika 1st Armoured Division dan 11th Infantry Division dari Pakistan dengan 264 unit tank yang mayoritas M47 dan M48 Patton melintasi perbatasan Internasional menuju India, mereka berhasil merebut kota Khem Karan dari India. Menghadapi situasi ini GOC Indian 4th Mountain Division yang di komandoi oleh Maj. Gen. Gurbaksh Singh memerintahkan mereka untuk mundur dan mengambil posisi defensif yang bentuknya seperti tapal kuda, dan wilayah Asal Uttar menjadi pusat tumpuan pertahanan itu.

Angkatan Darat India datang dengan bantuan 135 unit tank yang terdiri dari 45 unit tank Centurion, 45 unit M4 Sherman dan 45 unit AMX-13, penyerbuan dilakukan pada malam hari ke posisi 1st Armoured Division Pakistan dan tiba di pagi hari.

Tank tank India yang mayoritas berbobot ringan sangat mudah berjalan di ladang tebu, sebaliknya M47-M48 Patton Pakistan sangat kesulitan melakukan mobilisasi akibat terjebak dilumpur. Tank tank Pakistan mudah dilumpuhkan oleh India dengan hasil 100 unit lebih tank Pakistan hancur dan hanya 10 unit tank India dilumpuhkan.

Baca Juga:  Mengapa Manusia Tertarik Pada Rangking Militer Negaranya?

Dipertempuran ini juga sering diangkat dalam buku yang menitik beratkan Centurion vs M48 Patton.
Sumber: Mighty War