Begini Desain Pesawat Tempur Tanpa Awak Milik Turki

Baykar perusahaan pembuat Drone milik negara Turki merilis desain UCAV (unmanned combat air vehicle) atau Jet Tempur Tanpa Awak buatan sendiri bekerjasama dengan Ukraina sebagai pemasok mesin jet.

Drone tempur baru yang saat diberi kode nama MIUS ini direncakan bisa terbang dan landing dari kapal serbu amfibi baru milik AL Turki, yaitu TCG Anadolu.

Kapal TCG Anadolu dibuat berdasarkan kapal serbu amfibi Juan Carlos I buatan Navantia Spanyol. Navantia menyediakan desain, transfer teknologi, bantuan peralatan dan teknis kepada galangan kapal Sedef Shipyard Turki dalam pembangunan kapal Anadolu. Kapal ini dulunya direncakan oleh AL Turki untuk mengoperasikan pesawat F-35B yang tidak dikirim oleh AS.

Pesawat tempur tak berawak baru ini dilaporkan akan bekerja pada ketinggian setidaknya 40.000 kaki dengan muatan senjata 1,5 ton (mampu membawa rudal udara ke udara, bom presisi dan rudal jelajah) dan mampu terbang dengan kecepatan 1,4 Mach .

Untuk mesin akan memakai mesin jet turbofan AI 25 yang dikembangkan oleh perusahaan Ukraina Ivchenko Progress. Mesin AI-25 telah digunakan pada pesawat lath tempur L-39 Albatros, JL-8, MiG-AT dan pesawat penumpang Yak-40.

MIUS akan dapat melakukan operasi secara mandiri dengan fitur AI (Artificial Intelligence) dan terbang melakukan misi secara bersama dengan pesawat tempur F-16 dan pesawat tempur generasi ke-5 dimasa depan.

Channel Militermeter

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan