Beli 8 Kapal Patroli Dari Israel, Filipina Diberi Transfer Teknologi

Filipina membeli delapan kapal patroli kelas Shaldag buatan Shiyard Ltd. Israeli, dalam kontrak tersebut 4 kapal akan dibangun di Filipina.

Menurut Vice Admiral Robert Empedrad dari Angkatan Laut Filipina, proyek pengadaan sudah disetujui oleh Presiden Rodrigo R. Duterte.

Kapal patroli kelas Shaldag adalah kelas kapal patroli yang kecil tapi cepat yang dikembangkan untuk Angkatan Laut Israel dan diluncurkan pada tahun 1989, sejak itu kapal tersebut terlihat berdinas pada beberapa angkatan laut lainnya.

Kapal patroli cepat kelas Shaldag dapat dipersenjatai dengan meriam otomatis TYPHOON 23mm-25mm, dua senapan mesin berat MINI-TYPHOON 12,7mm atau 7,62mm, dan senjata lain yang dioperasikan secara manual dengan konfigurasi serupa. Kapal tersebut juga dapat membawa hingga delapan rudal anti-kapal jarak pendek untuk menyerang sasaran di laut atau di garis pantai.

Kapal kelas Shaldag ditenagai oleh dua mesin diesel MTU yang dioperasikan secara independen dari type 16V2000 atau 12V4000. Mesin tersebut menggerakkan dua water jet MJP 550DD atau 650DD yang mendorong kapal hingga mencapai kecepatan maksimum 45kt.

Sumber: navyrecognition.com, TSM Angga Saja

Baca Juga:  Amerika Setuju Jual Senjata Senilai 3,8 Milyar Dolar Ke Arab Saudi

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan