Beli Pesawat MiG-35 Fulcrum, Azerbaijan Dapat Diskon

Azerbaijan memilih pesawat MiG-35 Fulcrum untuk menggantikan armada MiG-29 yang sudah tua. Negara ini juga dapat diskon khusus melalui CIS.

CIS atau Commonwealth of Independent States adalah fasilitas khusus yang diberikan Rusia untuk negara-negara belas Uni Soviet. Melalui CIS bisa dapet diskon atau skema kredit khusus.
Mirip Foreign Military Sales (FMS) punyanya Amerika Serikat.

MiG-35 adalah versi terbaru dari keluarga besar jet tempur legendaris Soviet MiG-29.

Daya tarik utama pesawat tempur ini adalah biaya ongkos operasi yang lebih murah dengan daya deteren yang tinggi.

Mig 35 ini mampu dipersenjatai rudal-rudal maut buatan Rusia terbaru seperti R 77, R 73, R 27, Kh 29, Kh 31, Kh 35 ataupun bom berpemandu laser KAB 1500. Bahkan rudal terbaru Rusia yaitu rudal udara ke udara jarak jauh R 37M dan rudal jelajah Kh 38 pun dapat dibawanya.

MiG-35 ini emang sengaja dibikin murah banget ongkos biaya perawatanya dibanding pesawat buatan Rusia lainya sperti Su-30 ataupun Su-35.

Hal ini untuk mendukung doktrin AU Rusia terbaru yaitu mengerahkan sejumlah kecil jet tempur yang lebih ringan dengan senjata berat sejak berakhirnya perang dingin yang artinya pesawat yang lebih ringan seperti Mig 29 dan Mig 35 bakal menjadi andalan Angkatan Udara Rusia.

Menurut pihak Rusia MiG 35 adalah jet tempur kelas menengah pertama yang menggunakan mesin RD 33MK yang dilengkapi dengan Thrust Vector Control (TVC) 3D yang memberikan pesawat ini keunggulan dalam manuver udara daripada Su 30SM yang hanya menggunakan mesin Thrust Vector Control (TVC) 2D.

Baca Juga:  AVX/L3 ACH Calon Helikopter Kawal Intai AD Amerika Serikat

Kelebihan lain adalah penggunaan radar AESA Zhuk-MA yang dapat mendeteksi sasaran udara pada jarak 160 km dan jarak 300 Km pada sasaran permukaan, selain itu Mig 35 juga dilengkapi dengan Optical Locator System (OLS) yang dapat berfungsi seperti radar yaitu dapat mengarahkan senjata dan mendeteksi sasaran namun tidak menghasilkan emisi pancaran seperti radar sehingga membuatnya sulit terdeteksi.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan