Belum Laku, China Akan Agresif Tawarkan Pesawat 5G Shenyang FC-31, Harganya Separo Dari F-35

Jet Tempur stealth FC-31 harganya sekitar US$ 70 juta, sekitar setengah harga Lockheed Martin F-35

Perusahaan Industri Penerbangan China (AVIC) milik negara telah mendirikan kantor untuk secara aktif mempromosikan penjualan asing pesawat tempur multiperan generasi kelima Shenyang Aircraft Corporation (SAC) FC-31, kata perusahaan itu.

AVIC mengatakan dalam sebuah laporan yang diterbitkan pada pertengahan Februari bahwa, dengan sumber daya dari SAC, lembaga penelitian China, dan Perusahaan Impor & Ekspor Teknologi Aero Nasional China, wakil manajer umum SAC yang baru, Zhan Qiang, telah mendirikan kantor yang akan mengejar Taktik ‘berorientasi diri aktif mempromosikan’ untuk mencapai ekspor FC-31 ke negara-negara yang ditargetkan serta penjualan domestik.

Laporan tersebut mengatakan bahwa Zhan telah membuat kemajuan yang signifikan dalam menilai pasar ekspor untuk FC-31 yang seperti rendah peminat tersebut. Model skala utuh telah dipamerkan di Airshow China 2021 yang diadakan dari 28 September hingga 3 Oktober 2021 di Zhuhai.

FC-31 sudah dipasarkan sejak tahun 2017 di Paris Air Show dan sampai sekarang tidak ada satu negara yang berminat pada pesawat dengan teknologi siluman tersebut.

Jet Tempur stealth FC-31 harganya sekitar US$ 70 juta, sekitar setengah harga dari pesawat Lockheed Martin F-35

Untuk harga, FC-31 sendiri hanya dibandrol 70juta dollar Amerika, setengah dari harga F-35.

FC-31 diluncurkan pertama pada bulan Oktober 2012 sebagai jet tempur bermesin ganda yang berkemampuan menghindar dari radar. Pada saat itu, prototipe pertama telah melakukan penerbangan perdananya, menjadi jet tempur generasi kelima kedua di negara itu setelah J-20, yang melakukan penerbangan pertamanya pada Januari 2011. AU Tentara Pembebasan Rakyat telah mulai menerima pengiriman pesawat J-20.

Baca Juga:  Amerika Latihan Cegat Rudal Hipersonik Dengan Destroyer AEGIS, AMDR dan Misil SM-6

FC-31 memiliki kemampuan survivabilitas yang tinggi, jejak radar yang rendah, dan electronic countermeasure yang unggul, kapasitas informasi, kewaspadaan situasional dan kemampuan tempur jarak jauh yang tinggi.

Pesawat tersebut memiliki weapon bay yang besar dan beberapa hardpoint eksternal yang mampu membawa rudal udara-ke-udara buatan Tiongkok atau buatan luar negeri dan senjata udara ke permukaan, katanya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan